Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Subulussalam

Dzikrul Rizki, 140204003 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Subulussalam. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Subulussalam]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkan hasil Belajar Peserta Didik Kelas X di MAN 1 Subulussalam)
PDF GABUNG - DZIKRUL RIZKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (44MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di MAN 1 Subulussalam bahwa proses pembelajaran di sekolah tersebut masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga peserta didik saat melakukan pembelajaran terlihat pasif dan kurang motivasi serta bosan saat proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Fluida Statis di MAN 1 Subulussalam Metode penelitan ini Quasy Experiment Design dengan Pretest-Posttest yang melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui tes, data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t untuk menguji perbedaan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan Ha diterima yaitu thitung > ttabel (4,88 > 1,68) yang artinya adanya peningkatan hasil belajar peserta didik antara kelas yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan kelas yang diajarkan tanpa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Hasil penelitian tas belajar peserta didik dengan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 41,26, nilai rata-rata posttest kelas kontrol 64,82, nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 42,78 dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77,86. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Fluida Statis di MAN 1 Subulussalam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Dzikrul Rizki Dzikrul Rizki
Date Deposited: 10 Sep 2019 04:38
Last Modified: 10 Sep 2019 04:38
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9792

Actions (login required)

View Item
View Item