Identifikasi Kesulitan yang Dialami Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar dalam Mempelajari Materi Redoks dan Solusinya

Alfira Julian Pratiwi, 150208050 (2019) Identifikasi Kesulitan yang Dialami Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar dalam Mempelajari Materi Redoks dan Solusinya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Identifikasi Kesulitan yang Dialami Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar dalam Mempelajari Materi Redoks dan Solusinya]
Preview
Text (Identifikasi Kesulitan yang Dialami Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar dalam Mempelajari Materi Redoks dan Solusinya)
ALFIRA JULIAN PRATIWI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB) | Preview

Abstract

Siswa SMK Negeri 1 Darul Kamal Aceh Besar mengalami kesulitan dalam mempelajari materi redoks, kesulitan tersebut dapat dibuktikan dari hasil wawancara guru bidang studi kimia menyatakan bahwa hasil belajar siswa belum mencukupi nilai KKM. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis melakukan penelitian tentang mengidentifikasi kesulitan yang dialami siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi kesulitan, faktor penyebab dan solusi dari kesulitan yang dialami siswa dalam mempelajari materi redoks. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan yang dialami siswa paling besar pada materi penyetaraan reaksi (100%), faktor penyebab kesulitan yang dialami siswa adalah siswa merasa kesulitan dalam menentukan biloks suatu unsur atau senyawa, faktor penyebab lainnya adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Solusi untuk mengatasi kesulitan ini adalah siswa harus menguasai materi dasar seperti materi sifat-sifat elektron, solusi lainnya membuat siswa merasa mempelajari redoks itu adalah suatu kebutuhan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang teridentifikasi dalam mempelajari redoks adalah pada materi penyetaraan reaksi, hal ini disebabkan karena aturan pada reaksi redoks terlalu banyak, serta motivasi siswa dalam mempelajari redoks sangat rendah, Solusi untuk mengatasi kesulitan ini adalah dengan menguasai materi dasar dalam materi redoks seperti materi sifat-sifat elektron.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Yuni Setia Ningsih, M.Ag Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan Belajar, Materi Redoks, Solusi.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: mrs alfira julian pratiwi
Date Deposited: 13 Sep 2019 03:28
Last Modified: 13 Sep 2019 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9881

Actions (login required)

View Item
View Item