Hubungan Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Disabilitas Di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh

Fadhila Tunnisa, 150901119 (2019) Hubungan Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Disabilitas Di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Disabilitas Di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh]
Preview
Text (Hubungan Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Pada Remaja Disabilitas Di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh)
skripsi full.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Cara pandang individu terhadap dirinya akan membentuk suatu konsep tentang diri sendiri. Konsep tentang diri merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan individu karena konsep diri menentukan bagaimana penerimaan diri seseorang. Konsep diri merupakan sekumpulan keyakinan dan perasaan seseorang mengenai dirinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara konsep diri dengan penerimaan diri pada remaja disabilitas di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik penentuan sampel, yaitu non random sampling, menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa disabilitas di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh yang berjumlah 141 siswa, dan diperoleh sampel 48 remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara konsep diri dengan penerimaan diri pada remaja disabilitas di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Analisis penelitian ini berdasarkan uji korelasi pearson yang menunjukkan hasil bahwa nilai r=0,896 merupakan korelasi positif, p=0,000 (p˂0,05). Sumbangan relatif konsep diri terhadap penerimaan diri remaja disabilitas Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh adalah 80,3% sedangkan 19,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Sumbangan relatif konsep diri terhadap penerimaan diri sebesar 80,3% menunjukkan bahwa konsep diri memberikan kontribusi besar terhadap penerimaan diri. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dengan penerimaan diri pada remaja disabilitas di Yayasan Bukesra Ulee Kareng Banda Aceh. Hal ini mengidentifikasikan bahwa tingginya konsep diri diikuti dengan tingginya penerimaan diri, sebaliknya rendahnya konsep diri diikuti dengan rendahnya penerimaan diris.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Fithriani, S.Ag, M.Ag 2. Karjuniwati, S.Psi, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Penerimaan Diri, Remaja Disabilitas
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.5 Psikologi Kawula Muda Usia 12 sampai 20 Tahun
100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 155 Psikologi direferen dan Pengembangan > 155.9 Psikologi Linkungan
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Fadhila Tunnisa
Date Deposited: 24 Sep 2019 08:29
Last Modified: 24 Sep 2019 08:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9951

Actions (login required)

View Item
View Item