Penggunaan Media Realia Pada Pembelajaran Materi Jamur Di SMAN 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah

Sastrawani, 140207010 (2019) Penggunaan Media Realia Pada Pembelajaran Materi Jamur Di SMAN 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penggunaan Media Realia Pada Pembelajaran  Materi Jamur Di SMAN 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah]
Preview
Text (Penggunaan Media Realia Pada Pembelajaran Materi Jamur Di SMAN 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Preview

Abstract

Minat belajar di SMAN 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah masih sangat rendah, hal ini diketahui dari pengamatan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Ketika guru menjelaskan materi kebanyakan siswa tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh guru, hal ini dapat dilihat dari pandangan siswa yang tidak mengarah pada guru serta perasaan binggung terpancar dari eksperi wajah siswa terhadap materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat dan hasil belajar siswa di kelas yang diajarkan dengan penggunaan media realia dengan kelas yang diajarkan dengan penggunaan media gambar pada pembelajaran materi Jamur di SMAN 1 Bukit Kabupaten Bener Meriah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah true exsperimental design. Sampel pada penelitian adalah siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 25 siswa dan X3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 27 siswa dengan menggunakan simple random sampling. Teknik penggumpulan data menggunakan angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh minat belajar siswa kelas eksperimen yang diajarkan menggunakan media realia memperoleh 85,25% dengan kategori sangat tinggi sedangkan kelas kontrol yang diajarkan menggunakan media gambar memperoleh 73,16% dengan kategori tinggi. Hasil belajar siswa berdasarkanh rata-rata post test kelas eksperimen 80 dan kelas kontrol 78, berdasarkan uji hipotesis dengan db 50 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu, 2,16 ˃ 1,677 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajarkan menggunakan media realia dengan siswa yang diajarkan dengan media gambar pada materi Jamur di SMAN 1Bukit Kabupaten Bener Meriah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media, minat dan hasil belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Sastrawani Sastrawani
Date Deposited: 18 Sep 2019 02:30
Last Modified: 18 Sep 2019 02:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9979

Actions (login required)

View Item
View Item