Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri

Maulidar Nurdin, 150208007 (2019) Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) pada Materi Laju Reaksi Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang LKPD]
Preview
Text (Membahas tentang LKPD)
skipri maulidar nurdin revisi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan minat peserta didik dalam proses pembelajaran kimia dan kurangnya bahan belajar yang digunakan Di SMA Negeri 1 Simpang Kiri, sehingga peneliti berinisiatif untuk mengembangkan LKPD berbasis PBL agar peserta didik dapat mengikuti atau memahami proses pembelajaran kimia dan menerapkan materi kimia dalam kehidupan sehari-hari, dan peserta didik tertarik dalam belajar pembelajaran kimia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis PBL yang dikembangkan, respon guru dan peserta didik terhadap LKPD berbasis PBL yang dikembangkan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, angket guru, danangket peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode R&D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata yang diperoleh dari validator sebesar 82,%,hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL dapat digunakan dengan kriteria sangat layak. Persentase yang diperoleh dari respon guru sebesar 74,33% sangat tertarik, 20,49% tertarik, dan 2,56% kurang tertarik. Sedangkan persentase respon peserta didik sebesar 73,46% sangat tertarik, 25,38% tertarik dan 1,15% kurang tertarik. Kesimpulannya adalah bahwa LKPD berbasis PBL (Problem Based Learning) yang dikembangkan dapat digunakan di SMA Negeri 1 Simpang Kiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Mujakir, M.Pd.,Si 2. Teuku Badlisyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: LKPD, PBL (Problem Based Learning), Materi Laju Reaksi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Maulidar Nurdin
Date Deposited: 18 Sep 2019 03:30
Last Modified: 18 Sep 2019 03:30
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9988

Actions (login required)

View Item
View Item