Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII di MTsS Darul Aman Aceh Besar

Aidil Azhar, 251222793 (2017) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran CTL terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pesawat Sederhana Kelas VIII di MTsS Darul Aman Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran)
Aidil Azhar.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek kehidupan yang sangat penting peranannya dalam membina dan membentuk manusia berkualitas tinggi. Sehingga mutu pendidikan selalu menjadi pusat perhatian. Hasil belajar Fisika siswa kelas VIII pada umumnya masih rendah, hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang masih dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Untuk mengatasi hal ini, maka diperlukan usaha yaitu menerapkan model pembelajaran yang dapat sesuai dengan kondisi dikelas. Dari beberapa model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Adapun tujuan penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada materi pesawat sederhana di MTsS Darul Aman Aceh Besar meningkat dengan menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Pre-Experimental Design. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik tes tertulis dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 option sebanyak 20 soal dan angket yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t, setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa aspek kognitif pada materi pesawat sederhana dengan hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 13,26 > 1,71 pada taraf signifikansi α = 0,05 yang berarti Ha diterima dengan nilai rata-rata sebesar 71,92. Dan berdasarkan pembahasan angket, bahwa respon siswa menunjukkan persentase 80,95 %, dengan kategori tertarik pada penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dan respon positif siswa pada materi pesawat sederhana kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 di MTsS Darul Aman Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Samsul Bahri, M.Pd 2. Fitriyawany, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran CTL, Pesawat sederhana
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Aidil Azhar Ainal Mardhiah
Date Deposited: 05 Oct 2017 09:17
Last Modified: 19 Mar 2018 15:33
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item View Item