Dasar Pertimbangan Pemberian Pembiayaan Berdasarkan Nilai Jaminan pada PT. BPRS Hareukat Lambaro Aceh Besar

Nurul Huda, 041300713 (2016) Dasar Pertimbangan Pemberian Pembiayaan Berdasarkan Nilai Jaminan pada PT. BPRS Hareukat Lambaro Aceh Besar. Kertas Karya Utama thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Full LKp.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (476kB) | Preview

Abstract

PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh beralamat di jalan Tgk. H. Muhammad Daud Bereueh No. 33 C Banda Aceh. Secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 23 April 2009 yang berfungsi sebagai lembaga keuangan yang kegiatan usahanya menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat, dengan cara memberikan pembiayaan dan jasa-jasa bank lainnya. BNI Syariah mempunyai berbagai macam produk pembiayaan untuk menunjang kebutuhan masyarakat. Produk tersebut diharapkan dapat memfasilitasi untuk memenuhi keinginan masyarakat supaya dapat memenuhi kebutuhan barang untuk digunakan. Kegiatan kerja praktik dilakukan pada beberapa bagian diantaranya, bagian marketing (sales), pembiayaan, operasional/umum, customer service dan teller. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik ini adalah untuk mengetahui mekanisme dan strategi pemasaran produk pembiayaan Oto iB Hasanah yang ada pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Hasil kerja praktik yang penulis dapatkan tentang strategi pemasaran produk pembiayaan Oto iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh sudah sesuai dengan teori yang dipelajari di bangku kuliah. Mekanisme pelaksanaan produk pembiayaan Oto iB Hasanah adalah BNI Syariah melakukan analisa terhadap data/dokumen pembiayaan, selanjutnya BNI Syariah menyetujui pembiayaan serta melakukan pemantauan terhadap agunan dan kelancaran angsuran hutang pokok dan margin, apabila angsuran pembiayaan bermasalah maka harus ditempuh langkah penyelesaian melalui Pengadilan Agama atau lembaga lain yang ditunjuk oleh pemerintah. Dalam memasarkan produk pembiayaan Oto iB Hasanah, PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh menerapkan konsep bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari empat P, yaitu product (produk) berupa produk dengan kebutuhan masyarakat, price (harga) berupa penentuan harga, place (lokasi) berupa tata cara penentuan lokasi kantor, dan promotion (promosi) berupa tata cara mempromosikan produk seperti periklanan (advertising), publisitas (publicity), penjualan pribadi (personal selling), dan open table. Untuk menarik minat nasabah dalam mengajukan pembiayaan terutama produk pembiayaan Oto iB Hasanah, PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh perlu menyediakan web khusus untuk menginformasikan produk-produk yang ditawarkan, mengingat internet saat ini telah mencapai ke seluruh pelosok daerah dan dapat diakses dengan cepat sehingga informasi dapat tersalurkan dengan mudah kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Kertas Karya Utama)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azharsyah, SE. AK., MS.OM, NIP. 19781112 200501 1 003 2. Intan Qurratul Aini, S.Ag., M.Si, NIP. 19761217 200912 2 001
Uncontrolled Keywords: Pertimbangan, Pemberian, Pembiayaan, Nilai Jaminan, BPRS
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.228 Dhoman (Denda, Jami)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:57
Last Modified: 19 Jul 2017 08:57
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item