Komunikasi Organisasi Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry dalam Pengelolaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Mahasiswa

Maisarah S, 411206624 (2017) Komunikasi Organisasi Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry dalam Pengelolaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Mahasiswa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (membahas tentang komunikasi organisasi)
skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (926kB) | Preview

Abstract

SKRIPSI INI BERJUDUL “Komunikasi Organisasi Pusat Pengabdian Pada Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry Dalam Pengelolaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Mahasiswa” P2M merupakan sebuah lembaga dibawah ORTAKEL (Organisasi Tata Kelola UIN) Ar-Raniry, yang memegang peran penting dalam pengelolaan KPM UIN Ar-Raniry mahasiswa. Dalam proses berkomunikasi banyak hal yang perlu diperhatikan termasuk P2M yang memiliki peran penting dalam pengelolaan KPM, karena dalam hal ini mahasiswa berhubungan langsung dengan masyarakat dalam berkomunikasi dan beraktifitas, P2M mempersiapkan dan memberikan arahan terkait apa saja yang akan dilakukan mahasiswa selama melakukan pengabdian kepada masyarakat. Rumusan masalah berdasarkan masalah tersebut ialah apa saja komunikasi organisasi pusat pengabdian masyarakat (P2M) dalam pengelolaan KPM mahasiswa. Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dari penelitian ini ialah mengetahui komunikasi organisas P2M dalam pengelolaan KPM mahasiswa. Di dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu wawancara secara mendalam setelah melakukan observasi partisipasi mengamati secara langsung dan ikut serta didalamnya, dan melakukan dokumentasi dari hasil penelitian, subjek penilitian yang merupakan informan penelitian adalah mahasiswa UIN Ar-Raniry, dan staf P2M, peniliti menggunakan metode kulitatif karena lebih mudah dalam pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian komunikasi organisasi P2M dalam pengelolaan KPM sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Weber yaitu teori jaringan yang menjelaskan bahwa dalam setiap organisasi yang terstruktur, maka akan adanya jaringan formal dan informal, begitu juga dengan lembaga P2M, dalam berorganisasi P2M banyak melakukan komunikasi dengan sesama (internal) maupun dengan pihak luar (eksternal) dalam berkomunikasi dengan sesama staf, P2M melakukan komunikasi informal dan dengan rektor, pejabat, dan pihak-pihak terkait lainnya P2M menggunakan komunikasi formal, agar terjalinnya komunikasi yang baik dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Zainuddin T, M.Si 2.Drs. Jasafat, M.A.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Organisasi, Pengelolaan, Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM), Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M), Mahasiswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: maisarah s 411206624 s
Date Deposited: 15 Nov 2017 03:11
Last Modified: 15 Nov 2017 03:11
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1487

Available Versions of this Item

  • Komunikasi Organisasi Pusat Pengabdian Masyarakat (P2M) UIN Ar-Raniry dalam Pengelolaan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Mahasiswa. (deposited 15 Nov 2017 03:11) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item