Pembiayaan Kredit Modal Kerja (Arrum) untuk Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada PT. Pegadaian (Persero) Banda Aceh

Hafid Akbar, 041300862 (2016) Pembiayaan Kredit Modal Kerja (Arrum) untuk Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada PT. Pegadaian (Persero) Banda Aceh. Kertas Karya Utama thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Menjelaskan tentang pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah pada PT. Pegadaian (Persero) Banda Aceh, bagaimana prosedur dan tata cara pembiayaan kredit)
Hafid Akbar.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (971kB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan kerja praktik pada PT. Pegadaian Syariah (Persero) Banda Aceh yang beralamat Jln. Imam Bonjol No 14 Banda Aceh yang merupakan lembaga keuangan non Bank. Selama penulis melakukan kerja praktik, penulis ditempatkan pada bagian operasional, customer service, bagian internal audit, dan bagian administrasi selama lebih 30 hari masa kerja. Ada pun tujuan penulisan laporan kerja praktik (LKP) ini adalah untuk mengetahui pembiayaan kredit modal kerja ARRUM untuk pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah pada PT. Pegadaian (Persero) Banda Aceh. Kegiatan yang penulis lakukan secara umum selama melakukan kegiatan kerja praktik yakni : melihat bagaimana proses transaksi pembiayaan arrum, syarat dan prosedur pembiayaan, dan pengelolaan pembiayaan kredit modal kerja. ARRUM merupakan produk pembiayaan yang di tawarkan oleh PT. Pegadaian Syariah (Persero) Banda Aceh yang menggunakan akad rahn dan ijarah. Untuk memproses transaksi pembiayaan nasabah harus melengkapi beberapa persyaratan meliputi : KTP nasabah, KK (Kartu Keluarga), Rek listrik trakhir, BPKB, surat keterangan usaha foto, dan semua berkas dalam bentuk rangkap dua. Selanjutnya nasabah menyerahkan persyaratan kepada tim mikro untuk dicek data, dan tim mikro melakukan surve terhadap kelayakan usaha nasabah setelah pengecekan selesai pembiayaan akan cair selama 3 hari hingga satu minggu tergantung data yang diberikan oleh nasabah sudah benar. Selanjutnya tim mikro memberikan pembiayaan sesuai permintaan nasabah. Berdasarkan hasil kerja praktik maka dapat disimpulkan bahwa pembiayaan kredit modal kerja usaha pada PT. Pegadaian Syariah (Persero) Banda Aceh sudah sesuai dengan hukum islam, fatwa ulama dan peraturan yang telah ditetapkan oleh PT. Pegadaian Syariah pusat.

Item Type: Thesis (Kertas Karya Utama)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Hafas Furqani, M.Ec; NIP.1980062520090111009. 2. Inayatillah, MA.Ek; NIP. 198208042014032002.
Uncontrolled Keywords: Kredit Modal Kerja, Usaha Mikro, Kecil, Menengah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.22 Pinjam-meminjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2017 08:44
Last Modified: 26 Jul 2017 08:44
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/158

Actions (login required)

View Item View Item