Prosedur Pelaksanaan dan Pengawasan Pembiayaan Oto iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh

Adlil Fajri, 140601022 (2017) Prosedur Pelaksanaan dan Pengawasan Pembiayaan Oto iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (membahas tentang pelaksanaan dan pengawasan pembiayaan Oto iB Hasanah pada Bank BNI Syariah)
adlil fajri (140601022).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (681kB) | Preview

Abstract

Kerja praktik ini dilakukan pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh yang beralamat di Jalan Tgk. H. Muhammad Daud Bereueh No. 33 C Banda Aceh. Berdasarkan data lapangan, salah satu produk pembiayaan yang disalurkan oleh PT. BNI Syariah adalah produk pembiayaan Oto iB Hasanah yang menggunakan akad murābahah. Produk Oto iB Hasanah merupakan pembiayaan komsumtif yang diberikan PT. BNI Syariah kepada masyarakat untuk pembelian kendaraan bermotor. Tujuan dari penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui prosedur pelaksanaan pembiayaan dan pengawasan pembiayaan Oto iB Hasanah pada PT. BNI Syariah Kantor Cabang Banda Aceh. Dari hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa PT. BNI Syariah dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah berdasarkan SOP (Standar Operasional Perusahaan), yang mana calon nasabah harus melakukan pengajuan pembiayaan dan melengkapi syarat-syarat berdasarkan panduan perusahaan. Setelah nasabah mengajukan permohonan pembiayaan dan melengkapi syarat-syarat permohonan pembiayaan, selanjutnya petugas bank melakukan analisa terhadap kelayakan pengajuan pembiayaan dengan prinsip 6 C yaitu terkait Character, Capacity, Capital, Colleteral, Condition of economic dan Constrain. Setelah permohonan pembiayaan di setujui, tugas bank selanjutnya adalah mengawasi nasabah dengan cara mencari informasi baik itu dari dalam bank maupun dari luar, seperti laporan keuangan nasabah, tanggal jatuh tempo dan memeriksa map-map atau buku-buku yang berhubungan dengan pembiayaan tersebut. Dari hal diatas penulis memberikan saran seperti menambah tenaga dan pengetahuan Account officer sehingga dalam hal pengawasan dan pembinaan nasabah pembiayaan menjadi lebih baik lagi dan langkah penanggulangan pembiaayan bermasalah berjalan sebagaimana mestinya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Nevi Hasnita, S.Ag,.M.Ag; 2. Fahmi Yunus, SE,. M.S
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Pengawasan, Oto iB Hasanah, BNI Syariah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Adlil Fajri
Date Deposited: 27 Nov 2017 04:18
Last Modified: 27 Nov 2017 04:41
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item