Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Konsep Kalor terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VII MTsS 1 Samahani

Siti Zahara, 251222767 (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing pada Konsep Kalor terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas VII MTsS 1 Samahani. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada konsep kalor terhadap hasil belajar siswa di Kelas VII MTsS 1 Samahani)
Siti Zahara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keberhasilan proses belajar mengajar dalam rangka mewujudkan tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh faktor guru dan siswa. Guru harus mampu menerapkan model pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan materi sehingga siswa aktif dan terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Judul penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada konsep kalor terhadap hasil belajar siswa di kelas VII MTsS 1 Samahani. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada konsep kalor, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap model pembelajaran Snowball Throwing pada konsep kalor, dan (3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian True Eksperimen yang melibatkan kelas eksperimen (VII1) dan kelas kontrol (VII3). Data dikumpulkan melalui lembar observasi, angket dan soal tes. Data dari angket dianalisis menggunakan analisis deskriprif (persentase) sedangkan hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru dan siswa dengan model pembelajaran Snowball Throwing memenuhi kriteria penilaian sangat baik, (2) siswa menyatakan senang atau setuju terhadap model pembelajaran Snowball Throwing pada konsep kalor sebesar (86,08%), (3) Hasil uji statistik menunjukkan bahwa sebelum diajarkan dengan model Snowball Throwing di dapat thitung < ttabel yaitu 0,56 < 1,70 dan setelah diajarkan dengan model Snowball Throwing di dapat thitung > ttabel yaitu 7,48 > 1,70. Jadi hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa dengan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. M. Chalis, M.Ag; NIP. 197201082001121001; 2. Fitriyawany, M. Pd; NIP.1982081920060422002
Uncontrolled Keywords: Snowball Throwing, Hasil Belajar, Konsep Kalor
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Yusrawati UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry
Date Deposited: 08 Aug 2017 02:09
Last Modified: 08 Aug 2017 02:09
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item