Pengelolaan Sarana Prasarana dalam Peningkatan Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan

Fadhlillah, 271324772 (2017) Pengelolaan Sarana Prasarana dalam Peningkatan Proses Pembelajaran di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Sarana Prasarana)
PDF GABUNGAN OK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan proses kerja sama pendayagunaan semua sarana dan prasarana pendidikan secara efektif dan efisien. Pengeloaan sarana dan prasarana bertugas untuk mengatur dan menjaga sarana dan prasarana pendidikan agar dapat memberikan kontribusi secara optimal dan berarti pada jalannya proses pendidikan. Namun kenyataannya bahwa di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan sarana dan prasarana sudah memenuhi standar sarana dan prasarana namun belum secara keseluruan, masih belum maksimal dalam pengelolaannya. Tujuan dari penulisan skripsi ini untuk mengetahui pengelolaan sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Kota Bahagia dari perencanaan, pengadaan, pendistribusian, penggunaan, pemeliharaan, inventarisasi serta penghapusan dalam upaya peningkatan proses pembelajaran untuk menghadapi kendala pengelolaan sarana dan prasarana dalam peningkatan proses pembelajaran di SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan dan untuk mengetahui solusi yang harus dilakukan dalam pengelolaan sarana dan prasarana untuk meningkatakan proses pembelajaran si SMA Negeri 1 Kota Bahagia Aceh Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini yaitu kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka sarana dan prasarana dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan sarana dan prasarana di sekolah dalam peningkatan proses pembelajaran ini dimulai dari perencanaan, pengadaan, pendistribusian, inventarisasi, pemeliharaan dan penghapusan sarana dan prasarana sudah berjalan dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan maksimal seefektif dan efisien. Kendala yang dihadapi dalam pengelolaan sarana dan prasarana mobiler-mobiler sarana dan prasarana sekolah masih belum memadai dan maksimal. Pengelolaan sarana dan prasarana harus lebih ditekankan lagi dalam lembaga sekolah dan harus ada yang bertanggungjawab atas pengelolaan sarana dan prasarana tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Mujiburrahman,M.Ag 2.Nurussalami, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Sarana Prasarana, Peningkatan Pembelajaran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: fadhli fadhlillah tanjung
Date Deposited: 07 Feb 2018 03:35
Last Modified: 07 Feb 2018 03:44
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2431

Actions (login required)

View Item View Item