Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Media Alat Peraga pada Materi Virus di Mas Muta’allimin Kecamatan Blang Bintang Aceh Besar

Nilam Sari, 281324885 (2018) Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Media Alat Peraga pada Materi Virus di Mas Muta’allimin Kecamatan Blang Bintang Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa)
Nilam Sari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media alat peraga sangat dibutuhkan dalam pembelajaran biologi terutama pada materi virus karena alat peraga dapat memuat ciri dan bentuk dari konsep materi ajar yang digunakan untuk memperagakan materi yang berupa penggambaran mekananisasi, peristiwa dan kegiatan sehingga materi bisa lebih mudah dipahami oleh siswa. Sementara kreativitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Biologi di MAS Muta’allimin masih kurang disebabkan oleh penerapan media yang kurang bervariasi, sehingga pemahaman siswa tentang materi yang diajarkan tidak sesuai seperti yang diharapkan. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan alat peraga pada materi Virus di MAS Mua’allimin Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap penggunaan media alat peraga Virus di MAS Mua’allimin Kecamatan Blang Bintang Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MAS Muta’allimin Aceh Besar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 MAS Muta’allimin Aceh Besar. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian produk untuk mengetahui kreativitas siswa, soal tes untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa, dan angket untuk mengetahui respon siswa dan guru terhadap media alat peraga Virus. Hasil analisis data menggunakan rumus presentase menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pembelajaran menggunakan media alat peraga Virus dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan, dengan ratarata presentase 73,3% dan 81,7%, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan presentase ketuntasan dari siklus I sebanyak 60% dan siklus II sebanyak 92%. Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan presentase nilai rata-rata 60,11% siklus I dan 70,23%. pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan penggunaan media alat peraga dapat meningkatkan kreativitas, hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi Virus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Eva Nauli Taib, M. Pd 2.Zuraidah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Media Alat Peraga, Materi Virus
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Nilam Sari
Date Deposited: 16 Mar 2018 03:55
Last Modified: 16 Mar 2018 03:55
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2959

Actions (login required)

View Item View Item