Optimalisasi Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya

Ibnu Sakdan, 421206703 (2017) Optimalisasi Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Menjelaskan tentang optimalisasi peran tokoh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat.)
Ibnu Sakdan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Optimalisasi Peran Tokoh Agama Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Masyarakat di Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya. Ajaran agama menyuruh pemeluknya untuk aktif, tekun mempelajari, memahami ajaran agama dengan benar. Para tokoh yang memiliki kemampuan diberikan amanah untuk mengajarkan ajaran agama kepada orang lain. Para tokoh agama dalam menjalankan peran dan tugas tidak berjalan secara optimal seperti hal shalat lima waktu masih banyak masyarakat yang tidak melaksanakan, berpuasa pada bulan Ramadhan masih ada yang mengabaikannya. Banyak kendala yang dihadapi oleh para tokoh untuk meningkatkan pemahaman kesadaran beragama pada masyarakat. Apa saja peran tokoh Agama dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengamalkan ajaran agama. Bagaimana upaya optimalisasi peran tokoh agama. Apa saja kendala yang dihadapi tokoh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat. Untuk mengetahui peran tokoh agama dalam menyadarkan masyarakat akan pentingnya mengamalkan ajaran agama. Untuk mengetahui upaya mengoptimalkan peran pada tokoh agama. Untuk mengetahui kendala yang dihadapi tokoh agama dalam meningkatkan kesadaran beragama masyarakat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Kualitatif dengan pendekatan Deskriptif Analisis. Dalam pengambilan sampel, penulis menggunakan teknik purposive sampling. Subjek dari penelitian ini sebanyak 12 responden yang terdiri dari Camat, KUA, Mukim 2 orang, para tokoh agama 5 orang, masyarakat 3 orang. Adapun teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan para tokoh agama telah melaksanakan perannya namun tidak optimal dikarenakan mereka banyak tugas pribadi yang harus dilaksanakan secara baik dan sempurna, kurang dukungan dan biaya dari pihak pemerintah untuk kehidupan sehari-hari para tokoh, adanya perbedaan pemahaman ajaran agama ataupun adat istiadat, terbatasnya tenaga para penyuluh dan wilayah kerja yang luas, kurangnya sosialisasi agama pada masyarakat, dan sebagian masyarakat tidak menerima kehadiran para penyuluh yang datang ke gampong.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr.Muharrir Asy’ari, Lc., M.Ag; NIP.195307091990031002; 2. Drs. Umar Latif. MA; NIP. 19581120 199203 1 001
Uncontrolled Keywords: Peran Tokoh Agama, Kesadaran, Masyarakat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S.Sos.I Ibnu Sakdan
Date Deposited: 11 Aug 2017 15:33
Last Modified: 11 Aug 2017 15:33
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/329

Actions (login required)

View Item View Item