Strategi Komunikasi Bisnis Pedagang Kaki Lima (studi Kasus Kota Banda Aceh dan Aceh Besar)

Mawardi, 410905572 (2016) Strategi Komunikasi Bisnis Pedagang Kaki Lima (studi Kasus Kota Banda Aceh dan Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang pedagang kaki lima)
Mawardi.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul “Strategi Komunikasi Bisnis Pedagang Kaki Lima” (Studi Komunikasi Bisnis Terhadap Pedagang Kaki Lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar)”. Penelitian ini mengkaji tentang strategi komunikasi bisnis yang digunakan oleh Pedagang Kaki Lima Kota Banda Aceh, pedagang kaki lima memiliki metode dan strateginya sendiri untuk menarik pelanggan atau konsumen dalam menjalankan proses usahanya masing-masing. Adapun yang menjadi pertanyaan dalam penelitian ini adalah Apa saja jenis produk yang diperdagangkan oleh pedagang kaki lima yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar?, Bagaimana komunikasi bisnis pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam menjual barang dagangannya?, Strategi apa yang digunakan oleh pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam menjual barang dagangannya?, Pesan-pesan apa saja yang disampaikan oleh pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam menjual barang dagangannya?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui jenis produk yang diperdagangkan oleh pedagang kaki lima yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar, Untuk mengetahui komunikasi bisnis pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam menjual barang dagangannya, Untuk mengetahui Strategi yang digunakan oleh pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam menjual barang dagangannya, Untuk mengetahui Pesan-pesan yang disampaikan oleh pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dalam menjual barang dagangannya. Hal ini penulis menggunakan penelitian lapangan (fiel research), yaitu suatu penelitian yang dapat mengambil data yang dikehendaki akan didapati secara langsung dilapangan. Penyelidikan ini memperoleh data secara langsung dari reponden melelui observasi dan wawancara yang disusun sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian ini menggunakan (penelitian analisis deskritif), yaitu penelitian yang mendeskriptifkan dan menginterpretasi apa yang ada. Adapun yang menjadi objek penelitian ini yaitu Pedagang Kaki Lima yang ada di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar. Mengenai hasil penelitian yang penulis dapatkan pada Pedagang Kaki Lima di Banda Aceh dan Aceh Besar tentang jenis barang dagangannya yaitu : Pedagang sayur-sayuran, pedagang buah-buahan, pedagang makanan dan minuman, penjual pulsa dan kartu ponsel, serta menjual batu akik. Komunikasi bisnis pedagang kaki lima di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar dilakukan dengan cara melayani pelanggan dengan menggunakan bahasa lemah lembut, memperlakukan konsumen seperti teman yang sudah lama kenal, dan melayani terhadap keluhan dan kritikan konsumen. Selanjutnya starategi bisnis yang dilakukan oleh para PKL yaitu : pemilihan pasar yang strategis, menyediakan produk yang sesuai dengan lokasi penjualan, penetapan harga yang mampu di jangkau oleh masyarakat, tata letak barang yang sistematis, menyapa konsumen dengan santun, menggunakan media spanduk. Adapun pesan-pesan komunikasi pada PKL yaitu : persuasif sebagai bentuk bujuk rayu terhadap konsumen, memiliki sifat sabar, memiliki semangat dan komitmen, tidak terlihat sikap putus asa dan pesimis, optimis dalam mengejar target.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Zainuddin T.,M.Si; NIP. 197011042000031002 2. Kamaruddin.Sag.MA; NIP. 196904141998031002
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Bisnis Pedagang Kaki LIma
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr. Mawardi Kocik
Date Deposited: 12 Aug 2017 04:04
Last Modified: 12 Aug 2017 04:04
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/340

Actions (login required)

View Item View Item