Sistem Operasional Konversi Dana Simpan Pinjam pada PNPM-Mandiri dari Sistem Konvensional ke Sistem Syariah (Analisis terhadap UPK Mandiri Syariah Kecamatan Montasik Aceh Besar)

Zulaiva Ulya, 121209302 (2016) Sistem Operasional Konversi Dana Simpan Pinjam pada PNPM-Mandiri dari Sistem Konvensional ke Sistem Syariah (Analisis terhadap UPK Mandiri Syariah Kecamatan Montasik Aceh Besar). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Mengkaji tentang sistem operasional konversi dana simpan pada PNPM-Mandiri.)
Zulaiva Ulya.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

PNPM-Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan dasar sebagai acuan dalam pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. Program tersebut dilaksanakan melalui harmonisasi, pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan. Dalam menyalurkan dananya, PNPM Mandiri memerlukan UPK untuk proses pengelolaan kegiatan sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dan berdasarkan pada azas dan prinsip PNPM Mandiri. Skripsi ini bertujuan menjawab tiga pertanyaan penelitian, Pertama; Bagaimana operasional sistem PNPM Mandiri Syariah setelah melakukan konversi kepada UPK Mandiri Syariah di kecamatan Montasik? Kedua; Bagaimana tingkat keberhasilan pada UPK Mandiri Syariah di kecamatan Montasik dalam penerapan sistem syariah? Ketiga; Bagaimana tinjauan ekonomi syariah terhadap praktek konversi pada UPK Mandiri Syariah di Kecamatan Montasik? Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan untuk mengumpulkan data primer dan penelitian kepustakaan untuk data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah, Pertama; Operasional sistem konversi UPK Mandiri setelah konversi ke UPK Mandiri Syariah adalah dengan menerapkan akad murabahah antara pihak UPK Mandiri Syariah Montasik dengan anggota SPP. Kedua; Tingkat keberhasilan penerapan sistem syariah pada UPK Mandiri Syariah Montasik dengan banyaknya respon positif yang didapat dari anggota SPP. Ketiga; Penerapan sistem konversi pada sistem simpan pinjam pada UPK Mandiri Syariah Kecamatan Montasik sesuai dengan ekonomi syariah, dimana dalam praktinya pihak UPK melakukan akad murabahah pada anggota kelompok simpan pinjam dengan memperlihatkan rincian barang belanjaan kebutuhan anggota kelompok SPP beserta harga barang tersebut, kemudian pihak UPK Mandiri Syariah Montasik menerapkan margin 1 % kepada anggota kelompok perbulan saat pengembalian pinjaman maksimal masa pinjaman 12 bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Bismi Khalidin, S. Ag., M.Si; NIP. 197209021997031001; 2. Misran, S. Ag., M.Ag; NIP. 197507072006041004
Uncontrolled Keywords: PNPM Mandiri, Konversi, Simpan Pinjam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.221 'Ariyah (Peminjaman)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2017 08:50
Last Modified: 14 Aug 2017 08:50
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/356

Actions (login required)

View Item View Item