Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia di Kelas V 21 Aceh Besar

Nurul Fajri, 201325100 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia di Kelas V 21 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran Snowball Throwing)
Nurul Fajri.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang aktif, tidak hanya terfokus pada aktivitas guru, tetapi juga pada aktivitas siswa. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru dan mampu menerpakan model yang sesuai dengan materi sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana aktivitas guru dengan menggunakan model Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 sejarah peradaban Indonesia di kelas V MIN 21 Aceh Besar?, (2) Bagaimanakah aktivitas siswa dengan menggunakan model Snowball Throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia di kelas V MIN 21 Aceh Besar?, (3) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada Tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia di kelas V MIN 21 Aceh Besar?. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode kualitatif. Data dikumpilkan melalui (1) Lembar observasi guru, (2) Lembar observasi siswa, (3) Soal hasil test belajar dengan menggunakan analisis rumus persentase. Berdasarkan hasil analisis data penelitian didapatkan bahwa (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 64,21 % berada pada kategori (cukup) dan mulai meningkat pada siklus II sebesar 78,94 % berada pada kategori (baik) dan meningkat pada siklus III sebesar 89,47 % berada pada kategori (baik sekali), (2) Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60 % berada pada kategori (cukup), dan mulai meningkat pada siklus II sebesar 78 % berada pada kategori (baik) dan meningkat pada siklus III sebesar 86 % berada pada kategori (baik sekali). (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 61,11 % kategori (cukup), dan terlihat meningkat pada siklus II sebesar 72 % kategori (baik), dan meningkat pada siklus III sebesar 87,5 % kategori (baik sekali). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia di kelas V MIN 21 Aceh Besar sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Saifullah, M.Ag 2.Masbur, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Snowball Throwing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nurul Fajri
Date Deposited: 09 Aug 2018 03:27
Last Modified: 09 Aug 2018 03:27
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/4427

Actions (login required)

View Item View Item