Pengelolaan Lembaga Bahasa dalam Pembinaan Keahlian Berbahasa Asing di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh

Khaliqun Setiawati, 140206024 (2018) Pengelolaan Lembaga Bahasa dalam Pembinaan Keahlian Berbahasa Asing di Pesantren Darul Ulum Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Lembaga Bahasa)
Khaliqun Setiawati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Pengelolaan Lembaga Bahasa)
Form B dam Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (700kB) | Preview

Abstract

Mempelajari bahasa asing merupakan bekal disaat kita semua akan melangkah dalam kehidupan globalisasi. Dengan menguasai Bahasa Asing seseorang dapat berkomunikasi lebih jauh, sehingga wawasannya akan lebih terbuka. Namun demikian tidak semua orang mampu menguasai keduanya, dan Pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang telah memiliki satu sistem pendidikan bahasa asing. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perencanaaan, pelaksanaaan, evaluasi, serta kontribusi pembinaan keahlian berbahasa asing bagi santri. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: (1) perencanaan lembaga bahasa dalam pembinaan keahlian berbahasa asing adalah dengan mengadakan rapat paripurna yang dihadiri oleh ustadz ustazah dan bagian bahasa untuk membahas program yang akan dilaksanakan satu periode kedepan untuk menentukan program, penanggung jawab, penentuan waktu pelaksanaan dan penentuan biaya. (2) pelaksanaan lembaga bahasa dalam pembinaan keahlian berbahasa asing adalah melanjutkan program yang telah ditetapkan diantaranya: mufradat pagi, Muhadatsah, kelas pidato, language club, pemberian plakat mufrodat di tempat yang strategis, language festival, menerapkan kedisiplinan, melalui berbagai macam tata tertib dan sanksi bagi santriwati yang melakukan pelanggaran. (3) pengevaluasian lembaga bahasa dalam pembinaan keahlian berbahasa asing adalah menjaga pelaksanaan sampai pada monitoring pelaksanaan perkembangan kemampuan berbahasa santri, dilakukan dengan ujian mufradat, language festival, bertujuan untuk menguji dan mengevaluasi kemampuan dan penguasaan bahasa santri, melalui berbagai macam perlombaan dan penampilan, mahkamah bahasa, yaitu peringatan atau hukuman yang diberikan kepada santri yang tidak menggunakan bahasa resmi pada saat berkomunikasi. (4) kontribusi pembinaan keahlian berbahasa asing adalah santri mampu berkomunikasi dengan bahasa arab dan inggris, baik secara lisan maupun tulisan, serta banyaknya prestasi kebahasaan yang sudah diraih oleh para santri, diantaranya yaitu debate bahasa arab dan inggris, pidato bahasa arab dan inggris, dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Muhammad Faisal, M.Ag 2. Lailatussa’adah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Pembinaan Kahlian Berbahasa Asing
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.6 Bagunan Fisik Sekolah; Manajemen Materi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Khaliqun Setiawati
Date Deposited: 05 Oct 2018 04:28
Last Modified: 05 Oct 2018 04:28
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5236

Actions (login required)

View Item View Item