Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Darul Kamal

Sarah Fitria, 291325019 (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMKN 1 Darul Kamal. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Model Pembelajaran)
PDF DIGABUNG KESELURUHAN ISI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (957kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 Darul Kamal menunjukkan proses belajar mengajar kimia yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran kimia sering tidak sesuai dengan perencanaan. Salah satu alternatif menyelesaikan permasalahan tersebut adalah menyajikan pembelajaran dengan karakteristik siswa SMK yaitu mengaplikasikan materi tersebut ke dalam bentuk praktek yaitu model pembelajaran PjBL. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model PjBL terhadap aktivitas siswa, hasil belajar, dan respon siswa. Rancangan penelitian menggunakan desain penelitian eksperimen semu. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa XI TKL berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, pemberian tes berbentuk essay dan angket. Data observasi dianalisis menggunakan teknik persentase waktu ideal dalam toleransi 5%, hasil tes dianalisis menggunakan rumus N-Gain dan respon siswa dianalisis dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: persentase aktivitas siswa yang relevan selama proses pembelajaran adalah sebesar 91,53%. Hasil belajar siswa diperoleh 12 siswa berkriteria tinggi dan 7 siswa berkriteria sedang. Respon siswa terhadap model PjBL dengan hasil persentase menjawab sangat setuju 38,74%, siswa yang setuju 55,97%, siswa tidak setuju 4,78%, dan siswa sangat tidak setuju 0,47%. Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi termokimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Maskur, MA; NIP.197602022005011002 2. Mujakir, M.Pd.Si;NIP. 197703052009121004
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Project based learning, Termokimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Sarah Fitria
Date Deposited: 05 Sep 2017 09:36
Last Modified: 18 Mar 2018 08:58
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/532

Actions (login required)

View Item View Item