Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di MAN 1 Aceh Barat

Fitri Arnita, 140208009 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization dan Kemampuan Numerik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia di MAN 1 Aceh Barat. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Fitri Arnita.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Model Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (442kB) | Preview

Abstract

Kesetimbangan kimia merupakan salah satu materi kimia yang banyak berhubungan dengan angka-angka sehingga membutuhkan kemampuan berpikir dan analisis yang tinggi dalam berhitung. Penelitian ini mengangkat permasalahan mengenai apakah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Aceh Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization dan kemampuan numerik terhadap hasil belajar siswa pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Aceh Barat. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah pre-experimental design, dengan menggunakan desain one-shot case study. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 MAN 1 Aceh Barat dengan jumlah 36 siswa. Data hasil tes yang diperoleh menggunakan uji t independen diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan numerik tinggi lebih tinggi dari pada hasil belajar siswa yang memiliki kemampuan numerik rendah jika dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization pada materi kesetimbangan kimia di MAN 1 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1. Dr. Azhar Amsal, M.Pd 2. Asnaini, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Numerik, Kimia
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ms Fitri Arnita
Date Deposited: 10 Oct 2018 03:06
Last Modified: 10 Oct 2018 03:06
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item