Tradisi Perkawinan dalam Agama Hindu (Studi Kasus di Kuta Raja Banda Aceh)

Alif Sofiyan, 321103035 (2016) Tradisi Perkawinan dalam Agama Hindu (Studi Kasus di Kuta Raja Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang tradisi perkawinan dalam agama hindu.)
Alif Sofiyan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan lahil batin antara seorang Purusha (Pria) dengan seorang Pradana (Wanita) menjadi suami istri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga (grahasta) yang bahagia dan kekal berdasar kepada Tuhan yang Maha Esa/ Ida Sang Hyang Widhi Wasa. UU Perkawinan Nasional telah menampung prinsip-prinsip falsafat hidup bangsa Indonesia yang tercantum di dalam pancasila dan UUD 1945 di satu pihak, serta menampung di dalam kenyataan hidup yang dilandasi oleh hukum agama dan kepercayaan yang di anut dan hidup di dalam masyarakat. Penelitian di fokuskan pada persoalan bagaimana tradisi perkawinan dalam agama Hindu. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai sesuatu keadaan di lapangan secara objektif dengan metode tersebut digunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara kepala pengurus agama Hinduyang berada di Kecamata Kuta Raja, Banda Aceh beserta dengan para pengikutnya, observasi di lapangan serta studi dokumentasi dan perpustakan. Hasil penelitian mendapatkan bahwa perkawinan bukanlah semata-mata melibatkan pasangan yang menikah, karena setelah perkawinan terjadi timbul kelompok yang disebut keluarga besar yang terdiri dari orang-orang yang menjadi ke;uarga kedua belah pihak. Perkawinan juga meruakan tindakan moral, artinya dilakukan berdasarkan kebebasan, tidak ada paksaan atau intimidasi, berdasarkan kesadaran artinya dipahami apa yang dilakukan dari segala konsekuensinya. Maka perkawinan adalah ikatan lahil batin anatara seorang purusha dengan pradana. Perkawinan dilakukan berdasarkan kebebasan dan tidak ada paksaan atau intimdasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Juwaini, M.Ag; NIP. 1966060519944022001; 2. Dra. Nurdinah Muhammad, M.A; NIP. 195302051985102001
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, Agama Hindu,
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 390 Customs, Etiquette, Folklore (Adat Istiadat, Etiket, Folklor)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Ilmu Perbandingan Agama
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2017 09:48
Last Modified: 30 Aug 2017 09:48
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/555

Actions (login required)

View Item View Item