Penerapan Media Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi TKJ pada Materi Sistem Koloid di SMK Negeri 1 Labuhanhaji

Alwy Kafrawi, 291223328 (2017) Penerapan Media Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi TKJ pada Materi Sistem Koloid di SMK Negeri 1 Labuhanhaji. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Alwy Kafrawi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Media Pembelajaran)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (441kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan media virtual laboaratory berbasis multimedia interaktif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Ipa pada materi sistem koloid di SMKN 1 Labuhanhaji. Permasalahan dalam proses pembelajaran kimia di kelas XI SMK Negeri1 Labuhanhaji adalah siswa kurang memperhatikan penjelasan guru pada setiap pembelajaran, konsentrasi siswa kurang terfokus pada pembelajaran kimia, dan kurangnya kesadaran siswa dalam pembelajaran kimia, sehingga aktivitas dan ketuntasan belajar siswa belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon siswa dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan penerapan media virtual laboratory berbasis multimedia interaktif pada materi sistem koloid. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri1 Labuhanhaji sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket respon siswa siswa dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan analisis persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi aktivitas siswa terjadi peningkatan dengan diterapkan media virtual laboratory berbasis multimedia interaktif, hal ini dapat dilihat dari 75% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II, sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa dapat dilihat melalui tes yang dilakukan pada setiap siklus, 71% pada siklus I dan 91% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan media virtual laboratory berbasis multimedia interaktif pada materi sistem koloid dapat meningkatkan respon dan ketuntasan hasil belajar siswa pada materi sistem koloid berbasis multimedia interaktif di SMK Negeri 1 Labuhanhaji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. H. Maskur, MA; 2. Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Penerapan Media Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif, Sistem Koloid
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Alwyy Kafrawii
Date Deposited: 20 Oct 2018 05:00
Last Modified: 20 Oct 2018 05:00
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/5571

Actions (login required)

View Item View Item