Peran Humas dalam Mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar

Ahmad Saifil, 271324670 (2017) Peran Humas dalam Mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya Ingin Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peran humas sebagai salah satu dari manajemen sekolah dalam mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya)
FULL SKRIPSI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Humas merupakan salah satu bagian dari manajemen sekolah. Tugas dan fungsi humas sangatlah penting dan strategis, terutama dalam hal penyampaian informasi baik tentang kemajuan sekolah maupun masalah lain. Di era modern ini permasalahan yang terjadi adalah peran humas di sekolah dianggap tidak terlalu penting sehingga dalam penempatan SDM kehumasan tidak sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Sehingga akan menimbulkan berbagai persepsi dari masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Hal ini di sebabkan peran humas tidak berjalan dengan baik. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui peran humas dalam mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya, untuk mengetahui program-program humas dalam mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya, untuk mengetahui strategi humas dalam mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini ialah kepala sekolah, wakil kepala bidang humas, staf humas, dan komite sekolah. Teknik pengumpulan data penelitian dengan cara wawancara, observasi, dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran humas dalam mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat pada peningkatan jumlah peserta didik yang masuk pada tahun ajaran baru. Peningkatan peserta didik terjadi pada tahun 2014-2016. Selain itu, lingkungan masyarakat, dan guru merespon dengan baik atas kebijakan humas saat ini. Program humas dalam mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya ditempuh melalui kegiatan langsung dan kegiatan tidak langsung. Kegiatan langsung meliputi rapat dengan orang tua/wali siswa dan komite sekolah serta rapat tahunan sekolah. Kegiatan tidak langsung dilaksanakan melalui penyampaian informasi melalui media seperti website sekolah, E-mail, dan telepon. Strategi humas dalam mempromosikan SMKN 1 Al Mubarkeya dilakukan dengan cara penyebaran brosur, promosi dari mulut ke mulut, menjalin kerjasama dengan DU/DI serta kegiatan sosial dan keagamaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Basidin Mizal, M.Pd; NIP. 195907021990031001; 2. Dra. Jamaliah Hasballah, MA; NIP. 196010061992032001
Uncontrolled Keywords: Humas, Promosi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr Ahmad Saifil Ahmad Saifil
Date Deposited: 08 Sep 2017 07:31
Last Modified: 08 Sep 2017 07:37
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/591

Actions (login required)

View Item View Item