Strategi Optimalisasi Pengutipan Zakat pada Baitul Mal Aceh

Bagus Nugroho, 041200627 (2016) Strategi Optimalisasi Pengutipan Zakat pada Baitul Mal Aceh. Kertas Karya Utama thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (Mengurus dan mengelola zakat, waqaf dan harta agama lainnya. Melakukan pengumpulan, penyaluran, dan pendayagunaan zakat. Melakukan sosialisasi zakat, waqaf, dan harta agama lainnya. Menjadi wali terhadap anak yang tidak mempunyai lagi wali nasab.)
full LKP.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan letak lokasi Baitul Mal Aceh yang terletak di kawasan Komplek Keistimewaan Aceh, Baitul Mal Aceh (BMA) merupakan badan pengelola zakat tingkat Provinsi. Baitul Mal Aceh mempunyai enam kegiatan usaha, yaitu Mengurus dan mengelola zakat, waqaf dan harta agama lainnya, Melakukan pengumpulan, penyaluran, dan pendayagunaan zakat, Melakukan sosialisasi zakat, waqaf, dan harta agama lainnya, Menjadi wali terhadap anak yang tidak mempunyai lagi wali nasab, wali pengawas terhadap wali nasab, dan wali pengampu terhadap orang dewasa yang tidak cakap melalukan perbuatan hukum, Menjadi pengelola terhadap harta yang tidak diketahui pemilik atau ahli warisnya berdasarkan putusan Mahkamah Syariah, dan Membuat perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga untuk meningkatkan pemberdayaan ekonomi umat berdasarkan prinsip saling menguntungkan. Baitul Mal Aceh juga mempunyai lima program unggulan, yaitu Program Zakat Produktif, Program Fakir Uzur, Program Beasiswa, Program Rumah Fakir Miskin dan Program Pembinaan Daerah Rawan Aqidah. Selain itu juga dilakukan penyaluran zakat dan infaq untuk kegiatan-kegiatan lain yang sifatnya penyelesaian masalah sosial, dakwah dan keislaman lainnya. Pengutipan zakat merupakan kendala yang dihadapi Baitul Mal Aceh karena disebabkan: Masih rendahnya kualitas SDM dibidang pengutipan, Masih kurangnya publikasi disurat kabar atau majalah, Publikasi tidak efektif, Kurangnya pemahaman masyarakat tentang zakat profesi dan Belum diterapkannya zakat sebagai pengurang pajak penghasilan diaceh. Oleh karena itu Baitul Mal Aceh harus mengoptimalkan lagi mengenai pengutipan zakat dengan cara: Meningkatkan lagi kualitas SDM dibidang pengutipan, Terus melakukan sosialisasi dengan bahasa yang mudah dipahami oleh kalangan masyarakat, sehingga masyarakat lebih tertarik untuk menyalurkan zakatnya ke Baitul Mal. Hendaknya promosi mengenai zakat lebih ditingkatkan baik secara fisual misalnya iklan disurat kabar atau majalah, spanduk, papan reklame/baliho disebar dikawasan yang produktif, maupun audio fisual misalnya iklan pada radio dan televisi agar masyarakat sadar untuk menyalurkan zakatnya.

Item Type: Thesis (Kertas Karya Utama)
Additional Information: Pembimbing: 1. Nazaruddin A. Wahid, MA, NIP.19561231198701031 2. Syahminan, S.Ag, M.Ag, NIP.197003052000031002
Uncontrolled Keywords: Baitul Mal; Zakat
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2017 03:21
Last Modified: 19 Jul 2017 08:15
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/61

Actions (login required)

View Item View Item