Peran Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dalam Membina Sikap Keagamaan Remaja di Gampong Lampulo Kota Banda Aceh

Harni Lastuti, 421005984 (2016) Peran Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dalam Membina Sikap Keagamaan Remaja di Gampong Lampulo Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Badan Kemakmuran Masjid (BKM) dalam membina sikap keagamaan remaja)
Harni Lastuti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Badan Kemakmuran Masjid Dalam Membina Sikap Keagamaan Remaja di Gampong Lampulo Banda Aceh.” Masalah dalam penelitian ini yaitu ; Pertama Kegiatan Badan Kemakmuran Masjid dalam Membina Sikap Keagamaan Remaja di Gampong Lampulo Banda Aceh. Kedua Bagaimanakah peran Badan Kemakmuran Masjid dalam membina sikap keagamaan remaja di Gampong Lampulo Banda Aceh. Ketiga Apa saja hambatan Badan Kemakmuran Masjid dalam membina sikap keagamaan remaja di Gampong Lampulo Banda Aceh. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kegiatan Badan Kemakmuran Masjid dalam Membina Sikap Keagamaan Remaja di Gampong Lampulo Banda Aceh, peran Badan Kemakmuran Masjid dalam membina sikap keagamaan remaja di Gampong Lampulo Banda Aceh dan Apa saja yang menjadi hambatan yang di hadapi Badan Kemakmuran Masjid dalam membina sikap keagamaan remaja di Gampong Lampulo Banda Aceh. Remaja adalah kelompok peralihan, bukan anak kecil lagi, namun ia belum dianggap dewasa pula. masa transisi yang di alami oleh remaja membuat kendali rasionalnya masih di kuasai emosi. Oleh karenanya masa remaja perlu untuk mendapatkan perhatian orang tua, pendidik dan lingkungannya. BKM berperan sebagai sebuah organisasi di masyarakat, yang membantu dalam membina masyarakat dalam menanggulangi perilaku negatif termasuk remaja. Setiap kegiatan yang dilakukan remaja menjadikan BKM sebagai tempat bertukar pikiran dalam setiap masalah yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan sehingga mendapatkan hasil yang sempurna. Kegiatan yang dilakukan oleh BKM merupakan suatu usaha untuk membantu serta membimbing remaja untuk pembinaan akhlak dan mengembangkan dirinya ke arah perubahan yang lebih baik, aktivitas keagamaan yang dilakukan menggunakan pendekatan agama (pengajian tiap malam Kamis, tabungan kurban, pendidikan TPA dan pengajian anak-anak serta peringatan hari-hari besar Islam). Metode yang digunakan dalam Penelitian ini deskriptif kualitatif yaitu “Suatu metode pemecahan masalah yang ada pada masa sekarang yang meliputi pencatatan, penafsiran, penguraian dan penganalisaan terhadap data yang ada”. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan data-data lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Wawancara dilaksanakan dengan sembilan orang pengurus BKM dan tiga orang remaja. Ketrampilan dalam membina sikap keagamaan remaja untuk menjadikan remaja yang berakhlak mulia serta mampu menjalani hidup sesuai dengan tuntunan agama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Prof. Dr. Hj. Arbiyah Lubis; NIP. 194603131963072001; 2. Zalikha, S. Ag., M. Ag; NIP. 197302202008012012
Uncontrolled Keywords: Badan Kemakmuran Masjid, Sikap Keagamaan, Remaja
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.6 Organisasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2017 02:21
Last Modified: 11 Sep 2017 02:21
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item