Analisis Vegetasi Herba di Kawasan Daerah Aliran Sungai Krueng Jreue Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Matakuliah Ekologi Tumbuhan

Asna Susanti, 281121551 (2016) Analisis Vegetasi Herba di Kawasan Daerah Aliran Sungai Krueng Jreue Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar Sebagai Referensi Matakuliah Ekologi Tumbuhan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang komunitas tetumbuhan di Daerah Aliran Sungai Krueng Jreue Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar)
Asna Susanti.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (699kB) | Preview

Abstract

Vegetasi herba merupakan salah satu vegetasi tumbuhan penyusun hutan yang ukurannya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan semak ataupun pohon. Praktikum tentang materi vegetasi tumbuhan biasanya dilakukan pada kawasan hutan, manggrove, pesisir pantai dan pegunungan, namun vegetasi di kawasan Das belum pernah dilakukan. Penelitian materi tersebut penting dipelajari untuk melengkapi pengetahuan mengenai vegetasi-vegetasi yang terdapat di darat dan memberi pengalaman serta informasi yang berkaitan dengan herba di kawasan Das. Penelitian tentang analisis vegetasi herba di kawasan daerah aliran sungai Krueng Jreue Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar sebagai referensi matakuliah ekologi tumbuhan telah dilaksanakan pada tanggal 19-20 desember 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur vegetasi dan keanekaragaman tumbuhan herba di kawasan Das Krueng Jreue Kecamatan Indrapuri Kabupaten Aceh Besar, serta pemanfaatan vegetasi tumbuhan herba yang dapat digunakan sebagai referensi matakuliah ekologi tumbuha dalam bentuk buku saku dan modul pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuadrat dengan membuat petak contoh 1 x 1m. Penempatan plot terdiri dari 3 stasiun, yaitu kawasan Das bagian hulu, tengah dan hilir, di setiap stasiun diletakkan 10 buah plot yang dibagi menjadi 5 plot bagian kanan dan 5 plot bagian kiri yang mewakili semua area. Analisis data dilakukan secara kualitatif yang kuantitatif. Hasil penelitian struktur vegetasi herba di kawasan Das Krueng Jreue ditemukan 34 spesies dari 16 familia yang berhabitus herba, tumbuhan herba yang sangat dominan adalah axonopus compressus, penyebaran pada keseluruhan stasiun pengamatan secara mengelompok hal tersebut ditandai dengan indeks penyebaran id=3,76168. Hasil penelitian diketahui bahwa tingkat keanekaragaman pada kawasan Das Krueng Jreue tergolong sedang hal ini ditandai dengan indeks keanekaragaman (ä¤)= 2,491097. Hasil penelitian dapat di manfaatkan pada matakuliah ekologi tumbuhan dalam bentuk buku saku dan modul praktikum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Kamal, S.Pd., M.Pd; NIP. 198005162011011007 2. Muslich Hidayat, M.Si; NIP. 197903022008011008
Uncontrolled Keywords: Biologi
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:18
Last Modified: 24 Jul 2017 09:24
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/62

Actions (login required)

View Item View Item