Efektivitas Komunikai Nonverbal terhadap Kepatuhan Anak kepada Orang Tua (Studi Seuneulop, Manggeng Abdya)

Dewi Sartika, 411106226 (2017) Efektivitas Komunikai Nonverbal terhadap Kepatuhan Anak kepada Orang Tua (Studi Seuneulop, Manggeng Abdya). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Komunikasi)
Dewi Sartika.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul ”Efektivitas Komunikasi Nonverbal Terhadap Kepatuhan Anak Kepada Orang Tua di Desa Seuneulop, Manggeng, Abdya”. Secara garis besar komunikasi terbagi menjadi dua macam yaitu: komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Salah satu prinsip komunikasi merupakan komunikasi nonverbal. Komunikasi nonverbal merupakan salah satu komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, baik lisan maupun tulisan. Komunikasi nonverbal menggunakan tanda-tanda melalui tubuh meliputi gerak tubuh (gerakan yang dimulai dari kepala hingga kaki), ekspresi muka (gerak-gerik wajah untuk menunjukkan emosi yang dialami), dan nada suara (isyarat yang ditimbulkan dari irama atau penekanan suara). Komunikasi nonverbal yang disampaikan orang tua terhadap anak sering kali diabaikan dan bahkan disalah artikan. Berdasarkan uraian diatas, masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa yang mendorong orang tua melakukan Komunikasi Nonverbal terhadap anak. (2) Bagaimana Komunikasi Nonverbal yang dilakukan orang tua terhadap anak di Desa Seuneulop. (3) Pesan-pesan apa saja yang ingin disampaikan orang tua kepada anak melalui Komunikasi Nonverbal. (4) Bagaimana tanggapan anak terhadap Komunikasi Nonverbal yang dilakukan oleh orang tua. Di dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang merupakan metode untuk mengetahui hasil yang tidak dapat diukur dengan angka-angka atau eksak. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah aksidental (accidental sampling) yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan orang yang kebetulan bertemu dengan peneliti yang dapat digunakan sebagai sampel dan cocok dengan sebagai sumber data. Dari hasil penelitian maka diperoleh hasil bahwa ada beberapa faktor yang mendorong orang tua melakukan Komunikasi Nonverbal ialah karena kurangnya kesabaran dari diri orang tua dalam menanggapi perilaku anak, faktor lainnya karena anak tidak menghiraukan perintah orang tua, dan karena orang tua sayang terhadap anaknya. Adapun bentuk Komunikasi Nonverbal yang dilakukan oleh orang tua terhadap anak berupa pukulan, cubitan, jeweran, mengelus rambut, pelukan, diam dan menggertak anak dengan menggunakan kayu. Selanjutnya makna yang disamapikan orang tua melalui Komunikasi Nonverbal bermacam-macam salah satunya supaya anak merasa takut dan patuh terhadap orang tua. Adapun tanggapan anak terhadap Komunikasi Nonverbal yang dilakukan oleh orang tua yaitu kebanyakan dari anak mengerti dan melakukan perintah orang tua karena merasa takut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Zainudin T 2.Asmaunizar, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Komunikasi,Non Verbal, Orang Tua
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 380 Commerce, Communications, Transportation (Perdagangan, Komunikasi, Transportasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Marlini Abdurrahman
Date Deposited: 15 Sep 2017 09:26
Last Modified: 15 Sep 2017 09:26
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/701

Actions (login required)

View Item View Item