Pengaruh Model STM Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Gerak Dan Gaya Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bakongan Aceh Selatan

Rahmi Intan Sari Yusuf, 140204122 (2019) Pengaruh Model STM Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Materi Gerak Dan Gaya Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Bakongan Aceh Selatan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model STM Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik)
rahmi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep peserta didik terhadap penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional menjadi masalah utama dalam kajian ini, model STM dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik menjadi solusi terhadap permasalahan tersebut. Tujuan dalam kajian ini untuk mengetahui pengaruh model STM terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak dan gaya. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII yang berjumlah 70 peserta didik. Sampel dipenelitian ini kelas eksperimen (VIII 1) dan kelas kontrol (VIII 2) dengan jumlah peserta didik di kedua kelas masing-masing 20 peserta didik. Instrumen pengumpulan data menggunakan soal tes yang dianalisis dengan menggunakan uji-t dan uji regresi, lembar angket respon peserta didik dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran STM terhadap pemahaman konsep didapat thitung > ttabel yaitu 4,70 > 1, 68, dengan koefisien regresi sebesar 46,2 dan respon peserta didik melalui model STM yang diberikan memiliki persentase 80 %. Kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh model STM terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi gerak dan gaya kelas VIII SMP Negeri 1 Bakongan Aceh Selatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Yusran, S.Pd., M.Pd 2. Sri Nengsih, S.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: Model STM, pemahaman konsep, gerak dan gaya
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Rahmi Intan Sari Yusuf
Date Deposited: 11 Jul 2019 03:12
Last Modified: 11 Jul 2019 03:12
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/7357

Actions (login required)

View Item View Item