Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN Kenawat, Bener Meriah

Rahmayati, 201223360 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Numbered Heads Together (NHT) pada Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas V MIN Kenawat, Bener Meriah. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang model pembelajaran Cooperatif Learning tipe Numberet Heads Together (NHT) pada pembelajaran IPS.)
Rahmayati.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian ini berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V MIN Kenawat Bener Meriah, tentang model belajar guru kurang bervariasi, materi pelajaran sulit dipahami dan proses pembelajaran yang kurang menarik. Adapun pemecahan dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran NHT.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah aktivitas guru dalam penerapan model cooperative learning tipe NHT pada pelajaran IPS di kelas V MIN Kenawat, Bener Meriah?, Bagaimanakah aktivitas siswa dalam penerapan model cooperative learning tipe NHT pada pelajaran IPS di kelas V MIN Kenawat, Bener Meriah? Dan Bagaimanakah hasil belajar siswa setelah penerapan model cooperative learning tipe NHT pada pelajaran IPS di kelas V MIN Kenawat Bener Meriah?.Hasil belajar siswa meningkat pada setiap siklus, hal ini menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative learning tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar materi IPS siswa Kelas V MIN Kenawat. Terbukti pada siklus I pertemuan I ketuntasan hasil belajar siswa dari soal pretest baru mencapai jumlah nilai rata-rata 41,66 (42%) kategori kurang baik, atau dapat dikatakan pada siklus I ini ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai. Sedangkan pada siklus II pertemuan II ketuntasan belajar siswa mencapai jumlah nilai 81,25 (81%) kategori baik sekali. Dengan demikian dapat dikatakan pada siklus II ini ketuntasan belajar siswa secara klasikal sudah tercapai.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom ActionResearch) dan dilakukan sebanyak dua siklus empat kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN Kenawat Bener Meriah Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing: 1. Dr. Azhar, M.Pd.; NIP. 196812121994021002; 2. Irwandi, M.A.; NIP. 197309232007011017
Uncontrolled Keywords: Penerapan NHT, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 18 Sep 2017 02:56
Last Modified: 18 Sep 2017 02:56
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item View Item