Aplikasi Pembiayaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Produktif Menggunakan Akad Al-Qardh pada Baitul Mal Aceh

Desi Hartati, 041300732 (2016) Aplikasi Pembiayaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Produktif Menggunakan Akad Al-Qardh pada Baitul Mal Aceh. Kertas Karya Utama thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text
Full LKP.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

RINGKASAN LAPORAN Nama Mahasiswa : Desi Hartati NIM : 041300732 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis Islam/DIII Perbankan Syariah Judul Laporan Aplikasi Pembiayaan Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS) Produktif Menggunakan Akad Al-Qardh Pada Baitul Mal Aceh Tanggal Sidang : 03 Agustus 2016 Tebal LKP : 60 Halaman Pembimbing I : Dr. Azharsyah, S.E.Ak. M.S.O.M Pembimbing II : Intan Qurratul Aini, S.Ag., M.Si Penulis melakukan Kerja Praktik pada Baitul Mal Aceh yang beralamat Jl. T. Nyak Arief Komplek Keistimewaan Aceh. Selama penulis melakukan kerja praktik penulis di tempatkan pada bagian pendistribusian dan pendayagunaan, di sana juga penulis melihat dari segala sudut pandang pekerjaan amil terutama dalam penyaluran dana zakat pada bidang pendistribusian dan pendayagunaan zakat kepada mustahik dengan pemberdayaan ekonomi sektor micro melalui program pembiayaan modal usaha zakat, infaq dan sedekah (ZIS) produktif menggunakan akad Al-Qardh. Adapun tujuan dari penulisan Laporan Kerja Praktik (LKP) ini adalah untuk mengetahui proses pembiayaan ZIS produktif menggunakan akad Al-Qardh dari tahap peminjaman sampai pengembaliannya. Berdasarkan hasil kerja praktik dilapangan dapat disimpulkan bahwa produk pembiayaan modal usaha ZIS produktif pada Baitul Mal Aceh merupakan salah satu bentuk pendistribusian dan pendayagunaan dari zakat produktif. Pembiayaan ZIS produktif yang diberikan kepada mustahik menggunakan akad qardhul hasan dengan system revolving fund (dana bergulir) yaitu mustahik diberikan pinjaman modal untuk mengembangkan usahanya dan mewajibkan pihak mustahik untuk mengembalikan uang atau modal usaha tersebut dalam jangka waktu tertentu tanpa bunga dan akan digulirkan kembali kepada mustahik yang sama atau yang lainnya. Diharapkan aplikasi dan implementasi pembiayaan modal usaha ZIS produktif pada Baitul Mal Aceh dapat meningkatkan pertumbuhan dan potensi ekonomi produktif mustahik, sehingga mustahik dapat mengembangkan usahanya secara maksimal.

Item Type: Thesis (Kertas Karya Utama)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Azharsyah, S.E.Ak. M.S.O.M, Nip. 197811122005011003 2. Intan Qurratul Aini, S.Ag., M.Si, Nip. 197612172009122001
Uncontrolled Keywords: Zakat, Infaq, Sedekah, Akad Al-Qardh
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Users 171 not found.
Date Deposited: 19 Jul 2017 08:17
Last Modified: 19 Jul 2017 08:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item