Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Penerapan Sertifikasi Halal Pada Rumah Makan di Banda Aceh.

Riska Devi, 140401129 (2019) Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam Penerapan Sertifikasi Halal Pada Rumah Makan di Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI RISKA DEVI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SCAN863.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dalam Penerapan Sertifikasi Halal Pada Warung Makan di Banda Aceh.” Persoalan saat ini dalam mewujudkan wisata halal memerlukan adanya sertifikasi halal pada rumah makan, namun keyataannya saat ini banyak rumah makan yang belum mengetahui pentingnya sertifikasi halal, sehingga pemerintah dalam hal ini dinas kebudayaan dan pariwisata perlu melakukan sosialisasi dengan menggunakan strategi komunikasi agar rumah makan memiliki sertifikasi halal yang dapat menambahkan kualitas wisata halal di kota Banda Aceh. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mensosialisasikan sertifikasi halal pada pengusaha warung makan di Banda Aceh dan bagaimana hambatannya dalam mensosialisasikan sertifikasi halal pada warung makan dikarenakan dari permasalahan diatas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi dinas kebudayaan dan pariwisata dalam mensosialisasikan sertifikasi halal kepada pengusaha rumah makan dan apa saja hambatan yang dialaminya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, yaitu meneliti secara mendalam dengan tehnik pengumpulan data seperti observasi langsung ke lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dalam hal ini penulis melakukan wawancara. penulis melakukan wawancara dengan beberapa informan, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa dinas pariwisata menggunakan strategi komunikasi berupa:menentukan sasaran,Kemudian strategi informasi dan edukasi seperti seminar,event atau festival food atau kuliner, dan konsultasi. dinas pariwisata juga melakukan strategi komunikasi dengan memanfaatkan media cetak seperti koran Serambi Indonesia, media elektronik seperti internet, dan sosial media seperti instagram, facebook. Namun dinas pariwisata juga memiliki hambatan dalam mensosialisasikan sertifikasi halal ini seperti: belum adanya kesadaran masyarakat akan pentingnya sertifikasi halal pada warung makan di banda aceh dan sanki yang tegas kepada pengusaha rumah makan yang enggan mengurus sertifikasi halal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Hendra Syahputra, MM 2. Syahril Furqany, M.I Kom
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, sertifkasi halal, dan wisata halal
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.1 Masyarakat Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.2 Dakwah > 2X7.26 Komunikasi Dakwah
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.5 Hubungan individu dengan masyarakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Riska Devi Riska
Date Deposited: 27 May 2019 07:16
Last Modified: 27 May 2019 07:16
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8035

Actions (login required)

View Item View Item