Pemanfaatan Media Animasi Interaktif dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Cahaya di MTsN 4 Banda

Syafri Noor, 251324512 (2019) Pemanfaatan Media Animasi Interaktif dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Cahaya di MTsN 4 Banda. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pemanfaatan Media Animasi Interaktif dan Pengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa)
SYAFRI NOOR REPOSITORY.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran fisika masih cenderung berpusat pada guru, siswa hanya menerima saja, dan guru masih menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sehingga menyebabkan hasil belajar siswa masih rendah atau kurang memuaskan. Adapun tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada konsep cahaya dengan menggunakan media animasi interaktif (2) untuk mengetahui ketuntasan lulus siswa dengan menggunakan media animasi interaktif (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media animasi interaktif. Jenis penelitian ini menggunakan Metode Quasi Eksperimen dengan pretestposttest control group designyang dipilih secara purposive sampling. Sampel penelitian merupakan Kelas Eksperimen VIII-3dan KelasKontrolVIII-4. Pengumpulan data dengan instrumen penelitian yaitu soal tes dan angket respon siswa. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumusuji-t, data ketuntasan siswa dianalisis dengan menggunakan uji persentasedan data hasil angket Respon dianalisis menggunakan frekuensi relatif (persentase).Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Hasil uji statistik diperoleh thitung> ttabelyaitu 3,71> 1,67, (2) ketuntasan lulus siswa dengan menggunakan media animasi interaktif mencapai 86,7 % dibandingkan dengan metode ceramah 56,7 %. (3) Hasil respon siswa untuk pernyataan posisif 86,9 % menjawab setuju dan sangat setuju dan pernyataan negatif 99,9 % menunjukkan tidak setuju dan sangat tidak setuju. Berdasarkan data penelitiandapat disimpulkan bahwa, Pemanfaatan Media Animasi Interaktif dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil ketuntasan siswa lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Dan respon siswa menunjukkan siswa lebih termotivasi dan semangat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Samsul Bahri, M.Pd. 2. Sabaruddin,M,Pd
Uncontrolled Keywords: Animasi Interaktif ,Cahaya, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Syafri Noor
Date Deposited: 17 Jun 2019 03:04
Last Modified: 17 Jun 2019 03:04
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8075

Actions (login required)

View Item View Item