Pengaruh Perpustakaan Gampong terhadap Minat Baca Buku Agama Bagi Masyarakat Lambaro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar

Muammar Arif, 211020444 (2017) Pengaruh Perpustakaan Gampong terhadap Minat Baca Buku Agama Bagi Masyarakat Lambaro Kecamatan Kuta Malaka Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Perpustakaan Gampong terhadap Minat Baca)
Muammar arif.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu unit kerja yang berupa tempat menyimpan koleksi bahan pustaka yang diatur secara sistematis dengan cara tertentu untuk dapat dipergunakan secara berkesinambungan oleh pemakainya sebagai sumber informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca masyarakat lambaro kecamatan kuta malaka aceh besar khususnya pada buku-buku agama dan untuk mengetahui pengaruh perpustakaan gampong terhadap minat baca buku agama masyarakat desa lambaro kecamatan kuta malaka aceh besar. Adapun subjek penelitian ini adalah warga gampong lambaro kecamatan kuta malaka aceh besar dan tokoh-tokoh gampong. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengamati secara langsung terhadap objek penelitian di desa lambaro kecamatan kuta malaka tentang pengadaan perpustakaan. Wawancara dilakukan dengan tokoh masyarakat dan kalangan pemuda. Angket yaitu sejumlah pertanyaan yang disebarkan kepada masyarakat yang dijadikan sampel dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada minat yang bagus dari masyarakat gampong lambaro dalam memanfaatkan perpustakaan gampong untuk terus membaca baik itu buku-buku agama khususnya dan juga buku-buku ilmu pengetahuan umum lainnya akan tetapi ini masih kurang berdasarkan hasil penelitian. (2) ada pengaruh yang baik terhadap keberadaan perpustakaan gampong yang mana masyarakat sudah mulai membiasakan diri untuk membaca sambil menunggu waktu shalat berjamaah disamping waktu-waktu senggang yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Juairiah Umar, M.Ag Pembimbing II : Drs. Nurdin Mansur, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pengaruh Perpustakaan Gampong, Minat Baca Buku Agama
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 028 Membaca dan Penggunaan Media Informasi Lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muammar Arif
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:17
Last Modified: 29 Sep 2017 02:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/810

Actions (login required)

View Item View Item