Strategi Pencegahan Narkoba pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh

Chayank Ichwati Aulia, 421307251 (2017) Strategi Pencegahan Narkoba pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang strategi pencegahan narkoba)
Skripsi Chayank Ichwati Aulia.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Narkoba merupakan istilah yang sudah umum di Indonesia, sebagian dari narkoba bermanfaat untuk kehidupan, terutama dalam bidang kesehatan, namun dapat pula disalahgunakan. Penyalahgunaan narkoba dapat membawa dampak negatif kepada kehidupan manusia dan merusak masa depan penggunanya. Saat ini narkoba sudah merambah ke berbagai lapisan masyarakat di Aceh dan menjadi masalah yang serius. Di Aceh terdapat Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh yang memiliki seksi pencegahan dengan tugas melakukan pencegahan narkoba. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tugas dan fungsi seksi pencegahan pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh, permasalahan yang dihadapi oleh seksi pencegahan pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh dan strategi pencegahan yang dilakukan seksi pencegahan pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Setelah mendapatkan data yang diperoleh dari lapangan, maka hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tugas dan fungsi seksi pencegahan pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh terdiri dari (a) advokasi, (b) diseminasi informasi, dan (c) KIE P4GN (Komunikasi, Informasi, dan Edukasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba). (2) permasalahan yang dihadapi oleh seksi pencegahan pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh adalah (a) pengedar narkoba saat ini sangat kreatif dalam memperkenalkan narkoba kepada masyarakat, (b) jumlah dan jenis narkoba semakin banyak, sehingga penjahat, pengedar, dan distributor narkoba terus memperoses jenis-jenis baru, (c) keterbatasan anggaran, (d) jumlah personil penyuluh yang masih kurang, (e) masih ada dinas dan masyarakat yang mengabaikan tentang penyalahgunaan narkoba. (3) strategi pencegahan yang dilakukan oleh seksi pencegahan pada Badan Narkotika Nasional pada Provinsi Aceh yaitu (a) melakukan pendekatan seimbang oleh demand dan supply, (b) mempengaruhi instansi pemerintah atau instansi swasta, agar instansi mereka berperan aktif dalam pencegahan narkoba, (c) melakukan sosialisasi narkoba ke instansi pemerintah baik negeri maupun swasta, institusi pendidikan, dan organisasi masyarakat, (d) membuat kawasan bebas narkoba, (e) melakukan kampanye dengan membagikan stiker “stop narkoba”, (f) membuat perlombaan duta anti narkoba, karya tulis ilmiah melalui para blogger, pergelaran seni, jalan santai, dan lari marathon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M. Jamil Yusuf, M.Pd 2. Drs. Umar Latif, M.A
Uncontrolled Keywords: Pencegahan, Narkoba, Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 390 Customs, Etiquette, Folklore (Adat Istiadat, Etiket, Folklor) > 394 Adat Resam Umum > 394.1 Penggunaan Obat (Narkotika)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Chayank Ichwati Aulia
Date Deposited: 29 Sep 2017 02:33
Last Modified: 18 Mar 2018 08:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/822

Actions (login required)

View Item View Item