Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII pada Materi Rangkaian Arus Searah di Man 6 Aceh Besar

Aidianur Munira, 140204127 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII pada Materi Rangkaian Arus Searah di Man 6 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas tentang Advance Organizer)
Form B dan Form D.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (698kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Membahas tentang Advance Organizer)
Aidianur Munira.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB) | Preview

Abstract

Rendahnya nilai peserta didik dikarenakan pendidik masih menggunakan metode konvensional membuat peserta didik kurangnya minat yang menjadi permasalahan utama di MAN 6 Aceh Besar. Advance Organizer adalah suatu model pembelajaran sebagai solusi pada permasalahan tersebut yang tujuannya untuk melihat pengaruh hasil belajar pada materi rangkaian arus searah peserta didik kelas XII. Desain penelitian yang digunakan Quasi Eksperimental Design dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling yang melibatkan dua kelas yaitu XII MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XII MIA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen tes Pretest dan Post-test berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 soal. Instrumen angket minat peserta didik dinyatakan dalam bentuk pernyataan sebanyak 10 butir. Analisis instrumen tes menggunakan uji-t dapat diketahui bahwa data Post-test kelas eksperimen memiliki thitung > ttabel yakni thitung = 3,73 dan ttabel = 1,68. Analisis N-Gain untuk kelas eksperimen dengan katagori sedang yaitu g = 0,5 dan kelas kontrol dengan katagori rendah yaitu g = 0,3. Sedangkan minat peserta didik terhadap model pembelajaran Advance Organizer diperoleh kriteria tinggi 9 pernyataan dan kriteria sedang 1 pernyataan. Dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh hasil belajar dan minat peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Advance Organizer untuk kelas XII MIA 2 di MAN 6 Aceh Besar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing 1.Dra. Ida Meutiawati, M.Pd 2.Nurhayati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Advance Organizer, Listrik Statis, Rangkaian Arus Searah, Minat, Hasil belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Aidianur Munira Aidia
Date Deposited: 21 Jun 2019 02:31
Last Modified: 21 Jun 2019 02:31
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8287

Actions (login required)

View Item View Item