Pengaruh Shalat Berjama’ah terhadap Kedisiplinan Siswa Di MTsS Islamic Center Langsa

Hafidah, 140201184 (2018) Pengaruh Shalat Berjama’ah terhadap Kedisiplinan Siswa Di MTsS Islamic Center Langsa. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img] Text (membahas tentang shalat berjamaah dan kedisiplinan)
skripsi gabungan HFD.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only until 21 June 2029.
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
skripsi gabungan HFD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Shalat adalah perwujudan komunikasi kita dengan Allah. Selain sebagai penghubung antara manusia dengan Allah, shalat juga dapat dijadikan sebagai media untuk membentuk akhlak yang baik yang perlu diajarkan kepada anak-anak, salah satunya dengan shalat berjama’ah. Shalat berjama’ah merupakan bentuk pengajaran bagi seorang muslim untuk memiliki sikap disiplin, dengan disiplin hidup akan menjadi lebih teratur dan ia akan mudah meraih kesuksesan. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui hubungan pelaksanaan shalat berjama’ah dengan kedisiplinan siswa di MTsS Islamic Center Langsa, 2) untuk mengetahui pengaruh shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan siswa di MTsS Islamic Center Langsa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah angket dan dokumentasi. Adapun populasi di MTsS Islamic Center adalah dengan jumlah 500 siswa, karena populasi lebih dari pada 100, maka sampel yang diambil adalah sejumlah 50 siswa. Sedangkan untuk pengolahan data validitas menggunakan rumus kolerasi product moment, dan reliabilitas menggunakan rumus alpha crombach, untuk mencari hubungan menggunakan teknik analisis rumus product moment dan untuk mencari pengaruh menggunakan teknik analisis rumus regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hubungan pelaksanaan shalat berjama’ah dengan kedisiplinan siswa menunjukkan kolerasi kuat dengan rumus kolerasi product moment didapatkansebesar 0,707. Dari hasil tersebut menunjukkan ada hubungan yang signifikan karena berada antara 0,60-0,79. Berdasarkan hasil penelitian untuk pengaruh shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan siswa terbukti dengan nilai a = 15,9089 dan nilai b = 0,5529 artinya bahwa ada pengaruh shalat berjama’ah terhadap kedisiplinan siwa di MTsS Islamic Center Langsa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: pembimbing 1. Prof. Dr. H. Warul Walidin AK, MA dan 2. Dr. Heliati Fajriah S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: shalat berjamaah, kedisiplinan siswa
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.5 Disipli Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hafidhah Marzuki
Date Deposited: 21 Jun 2019 08:17
Last Modified: 21 Jun 2019 08:17
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8309

Actions (login required)

View Item View Item