Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar

Nuriana, 140204038 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di Kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (“Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa)
Skripsi - Nuriana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Form B dan Form D - Nuriana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (957kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar diperoleh permasalahan bahwa proses pembelajaran sering berorientasi pada guru. Selain itu, guru kurang menerapkan model pembelajaran yang bervariasi dalam proses pembelajaran, sehingga siswa merasa bosan dalam belajar dan kurang memperhatikan pembelajaran yang tengah berlangsung. Sehingga banyak peserta didik mendapatkan nilai ulangan di bawah KKM yaitu < 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Tipe TPS terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis di kelas XI SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan model pembelajaran kooperatif Tipe TPS. Metode yang digunakan yaitu True-Eksperimental dengan desain Pretest-Postest control grup design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas XI di SMAN 1 Krueng Barona Jaya Aceh Besar tahun ajaran 2018/2019 dan sampelnya siswa kelas XI MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA-2 sebagai kelas kontrol. Adapun pengambilan sampel menggunakan teknik Simpel Random Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis dalam bentuk pilihan ganda dan angket. Analisis data menggunakan uji-t diperoleh hasil perhitungan thitung > ttabel yaitu 5,56 > 1,67, sehingga Ho ditolak, maka Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe TPS terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi Fluida Statis. Respon siswa memberi tanggapan yang positif terhadap penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe TPS dengan rata-rata persentase setuju 48,68% dan sangat setuju 29,73%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe TPS merupakan salah satu model pembelajaran yang efektif untuk diterapkan pada pembelajaran fisika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Bukhari, M.T 2. Jufprisal, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kooperatif, TPS, Hasil Belajar
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nuriana
Date Deposited: 24 Jun 2019 03:45
Last Modified: 24 Jun 2019 03:45
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8314

Actions (login required)

View Item View Item