Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMAN 1 Seunagan

Nur Ikhwani, 140204186 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMAN 1 Seunagan. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay-Two Stray (Ts-Ts) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas XI SMAN 1 Seunagan)
nur ikhwani (Recovered).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi pada pembelajaran Fisika khususnya materi Suhu dan Kalor di SMAN 1 Seunagan. Hasil belajar fisika peserta didik kelas XI di SMAN 1 Seunagan umumnya masih rendah. Hal ini diketahui berdasarkan wawancara dengan guru fisika di SMAN 1 Seunagan bahwa ada sebagian peserta didik yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal KKM (75). disebabkan karena pendidik kurang menggunakan model pembelajaran pada waktu proses belajar mengajar berlangsung, sehingga membuat peserta didik merasa bosan dan jenuh. Salah satu solusi yang dapat mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two stay-Two stray. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Two stay-Two stray pada materi suhu dan kalor dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI SMAN I seunangan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode Experimental quasi Designdengan The Pretest-Posttest Control Group Designyang melibatkan kelas kontrol XI MIPA3 yang berjumlah 30 peserta didik dan kelas eksperimen XI MIPA5 yang berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes dalam bentuk pilihan ganda dan lembar aktivitas. Data hasil tes dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t dan data dari lembar observasi peserta didik dan guru menggunakan analisa deskriptif (persentase). Berdasarkan hasil perhitungan dari uji statistik menunjukkan bahwa thitung ˃ ttabelyaitu 2,69> 1,67 untuk taraf signifikan 95% atau ⍺ = 0,05 sehingga hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan positif dengan menggunakan model pembelajaran tipe Two stay-Two stray untuk meningkat hasil belajar peserta didik dan tergolong dalam kategori Baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I: 1. Prof. Dr. Yusrizal, M.Pd 2. Hafizul Furqan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Two Stay-Two Stray (Ts-Ts), Suhu dan Kalor, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 373 Pendidikan menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Nur Ikhwani Wani
Date Deposited: 03 Jul 2019 08:13
Last Modified: 03 Jul 2019 08:13
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8468

Actions (login required)

View Item View Item