Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Statis Di Man 5 Aceh Besar

Askuri Wilda, 140204112 (2019) Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Statis Di Man 5 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Pengaruh Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains)
ASKURI WILDA UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kurangnya minat siswa untuk belajar materi fluida statis menjadi pemicu penyebab siswa tidak mencapai nilai sesuai KKM sehingga mengakibatkan siswa tidak mampu mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini dibuktikan oleh perolehan nilai rata-rata siswa di bawah KKM yaitu 65. Salah satu faktor penyebab adalah penggunaan model pembelajaran, guru sering menggunakan model inkuiri akan tetapi tidak sesuai dengan langkah-langkah dan keterampilan proses sains (KPS) pada siswa rendah, maka dari itu perlu kegiatan pembelajaran yang melatih KPS siswa. Salah satu solusi adalah dengan menggunakan model inkuiri terbimbing, sesuai dengan langkah-langkah yang telah ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model inkuiri terbimbing untuk peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis di kelas XI MAN 5 Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan metode quasy eksperimen dengan design penelitian non equivalent pretest postest control group design yang melibatkan kelas eksperimen XIIPA1 dan kelas kontrol XIIPA2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model inkuiri terbimbing terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis di kelas XI MAN 5 Aceh Besar dimana thitung>ttabel yaitu 22,1>2,08, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikasi model inkuiri terbimbing untuk meningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi fluida statis di kelas XI MAN 5 Aceh Besar pada kelas eksperimen dibandingkam kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Misbahul Jannah, M.Pd. Ph.D 2. Rusydi, ST,M.Pd
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Terbimbing, Pengaruh, Keterampilan Proses Sains
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 530 Physics (Fisika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Askuri Wilda
Date Deposited: 09 Jul 2019 04:28
Last Modified: 09 Jul 2019 04:28
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/8722

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item