Peran Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Kluet Utara

Nurdia Misdar, 140206080 (2019) Peran Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Kluet Utara. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Peran Kepala Perpustakaan Dalam Meningkatkan Budaya Membaca Peserta Didik Di SMA Negeri 3 Kluet Utara)
oke.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran Kepala Perpustakaan adalah sebagai pengorganisasian bahan pustaka bagi pemenuhan kebutuhan pemakai dan sebagai pembimbing tentang cara-cara bagaimana menggunakan bahan pustaka untuk kepentingan pemakai sehingga dapat di manfaatkan secara optimal. Adapun latar belakang dalam penelitian ini adalah budaya membaca peserta didik di SMA Negeri 3 Kluet Utara masih kurang. peserta didik mengunjungi perpustakaan hanya saja pada saat ada tugas dari guru mata pelajaran dan pada saat guru tidak masuk kelas, itupun hanya sebagaian dari peserta didik tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala perpustakaan dalam meningkatkan budaya membaca peserta didik, untuk mengetahui strategi kepala perpustakaan dalam meningkatkan budaya membaca peserta didik, dan untuk mengetahui hambatan dan upaya kepala perpustakaan dalam meningkatakan budaya membaca peserata didik. Pendekatan yang di lakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala perpustakaan dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala perpustakaan sudah menjalankan perannya dengan baik. Seperti menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan mata pelajaran, dan juga menyediakan bahan bacaan yang lain di dukung oleh mata pelajaran. Adapun strategi yang digunakan kepala perpustakaan dalam meningkatkan budaya baca yaitu guru memberikan tugas kepada peserta didik yang berhubungan dengan perpustakaan, dan ketika guru tidak memasuki kelas peserta didik harus mengunjungi perpustakaan tersebut, tetapi kepala perpustakaan belum pernah memberikan bentuk penghargaan bagi peserta didik yang rutin mengunjungi perpustakaan. Kendala kepala perpustakaan adalah kurangnya minat baca dari peserta didik dan kurangnya dana, sehingga sulit dalam penyediaan fasilitas perpustakaan, upaya yang di lakukan kepala perpustakaan adalah guru harus sering memberikan tugas kepada peserta didik dan kepala perpustakaan menyampaikan hambatan kepada kepala sekolah tentang kurangnya fasilitas agar segera di tindak lanjuti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Drs. Yusri M.Daud, M.Pd Pembimbing II : Nurussalami, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Peran Kepala Perpustakaan, Budaya Baca, Peserta Didik
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 021 Hubungan Perpustakaan, arsip, pusat informasi > 021.7 Promosi Perpustakaan, Arsip, Pusat Informasi
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.8 Siswa, Murid, Peserta didik, Anak didik
600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum > 658.3 Manajemen Personalia (Manajemen Sumber Daya Manuasia)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nurdia Misdar Nur
Date Deposited: 31 Jul 2019 03:29
Last Modified: 31 Jul 2019 03:29
URI: http://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9261

Actions (login required)

View Item View Item