Hubungan Kekerabatan Fenetik Anggota Famili Fabaceae Di Hutan Kota BNI Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi

Yuni Sukma, 140207082 (2019) Hubungan Kekerabatan Fenetik Anggota Famili Fabaceae Di Hutan Kota BNI Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Hubungan Kekerabatan Fenetik Anggota Famili Fabaceae Di Hutan Kota BNI Banda Aceh Sebagai Referensi Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi)
Yuni Sukma.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB) | Preview

Abstract

Kendala yang dialami mahasiswa dalam pembelajaran materi hubungan kekerabatan fenetik di Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi adalah kurangnya referensi yang terkait, sehingga perlu adanya referensi pembelajaran yang dapat memberi penunjang terkait dengan materi hubungan kekerabatan fenetik. Penelitian dengan judul Hubungan Kekerabatan Fenetik Anggota Famili Fabacea di Hutan Kota BNI Banda Aceh bertujuan untuk mengetahui karakteristik anggota Famili Fabaceae, untuk mengetahui hubungan kekerabatan fenetik dan untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan serta respon mahasiswa terhadap media yang telah dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode survey explorative dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik anggota Famili Fabaceae menunjukkan karakteristik yang berbeda-beda setiap organ yang diamati. Hubungan kekerabatan anggota Famili Fabaceae menunjukkan hubungan terdekat terdapat pada kombinasi spesies Caesalpinia pulcherrima dengan Cassia senna dengan nilai indeks disimilaritas terendah yaitu 23 dan hubungan kekerabatan terjauh ditunjukkan pada kombinasi spesies Acacia mangium dengan Bauhinia purpurea dengan nilai indeks disimilaritas 59. Persentase uji kelayakan buku pendamping diperoleh hasil 90,31 % dan modul praktikum 84,16% dengan kriteria sangat layak direkomendasikan sebagai salah satu referensi materi hubungan kekerabatan fenetik pada Mata Kuliah Botani Tumbuhan Tinggi. Hasil respon mahasiswa diperoleh total persentase yaitu 91,66 % dengan kriteria sangat positif, yang menunjukkan bahwa media pembelajaran buku pendamping dan modul praktikum dapat menjadi referensi bagi mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kekerabatan Fenetik, Famili Fabaceae, Karakteristik, Hutan Kota BNI, Botani Tumbuhan Tinggi.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 570 Biology (Biologi, Ilmu Hayat)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Yuni Sukma
Date Deposited: 19 Sep 2019 03:36
Last Modified: 19 Sep 2019 03:36
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item
TOP