Analisis Qos (Quality Of Services) Jaringan Komputer Pada Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh Dan Implementasi Mikrotik Hotspot Dengan Bandwith Management Simple Queue

Fhonna Leriana, 140212054 (2019) Analisis Qos (Quality Of Services) Jaringan Komputer Pada Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar- Raniry Banda Aceh Dan Implementasi Mikrotik Hotspot Dengan Bandwith Management Simple Queue. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Analisis Qos (Quality Of Services) Jaringan Komputer Pada Laboratorium)
FHONNA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Dengan kemajuan teknologi pada saat ini terus berkembang dengan sangat pesat seiring dengan kebutuhan manusia untuk memperoleh informasi dengan menggunakan jaringan internet. Pada saat ini masalah internet di Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi memiliki koneksi jaringan internet yang kurang memadai dalam pengguna untuk mengakses jaringan. Dalam hal tersebut pengguna membutuhkan suatu jaringan yang memiliki Qos (Quality of service)yang baik agar bisa menunjang pengguna untuk mengakses jaringan. Penelitian ini terfokus pada penerapan mikrotik hotspot dengan bandwith managementSimple Queue dan menganalisis sebuah jaringan komputer dengan metode Qos (Quality of service). Didalam metode pengukuranQos (Quality of service) ini penulis menggunakan aplikasi Wireshrak.Hasil dari penelitian ini adalahPembagian bandwidth managementyang bisa mengatur jaringan dari skala yang terkecil, dan bandwidth management dilakukan dengan Mikrotikrouterboard, dan hasilanalisis Qos (Quality of service) pada jaringan komputer di Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, maka di dapatkanlah hasil perhitungan dari hasil penelitian nilai Delay pada Laboratorium Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi adalah sebesar 0.66854Ms, nilai Troughputnya yang Download-Nya sebesar 3.5 Mbps dan Upload 2.5 Mbps, sedangkan nilai dari Packet Loss-Nya adalah 0%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Peembimbing: 1. Hazrullah, S. Pd.I., M. Pd 2. Ghufran Ibnu Yasa, M.T
Uncontrolled Keywords: Qos (Quality of service), Bandwith management, Simple Queue
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnologi Informasi
Depositing User: Fhonna Leriana
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:52
Last Modified: 20 Sep 2019 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10004

Actions (login required)

View Item View Item
TOP