Analisis Praktik Sewa-Menyewa Lapak Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Di Rukoh, Banda Aceh)

Fauzan Nur, 121309839 (2019) Analisis Praktik Sewa-Menyewa Lapak Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Di Rukoh, Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Praktik Sewa-Menyewa Lapak Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Di Rukoh, Banda Aceh)]
Preview
Text (Analisis Praktik Sewa-Menyewa Lapak Dalam Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus Pada Pedagang Kaki Lima Di Rukoh, Banda Aceh))
SKRIPSI FAUZAN NUR 121309839 FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang dalam skripsi ini mengenai kepemilikan area umum yang menjadi objek transaksi sewa-menyewa sebagaimana yang terjadi di pinggir sekitaran jln. Utama Rukoh, sebagaimana dalam konsep ekonomi Islam bahwa suatu barang hanya dapat dipindahkan haknya apabila memiliki secara sempurna barang tersebut. Sehingga penjabaran dari permasalahan tersebut penulis formulasikan dalam apa faktor-faktor pedagang untuk menyewa lapak di area tersebut, bagaimana mekanisme transaksi dalam praktek sewa-menyewa lapak pedagang kaki lima di Rukoh Banda Aceh, serta bagaimana pandangan hukum Islam terhadap praktek pengaturan tempat sewa-mnyewa lapak sebagaimana yang terjadi di Rukoh, Banda Aceh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang penggunaan area publik yang di gunakan sebagai objek transaksi sewa-menyewa. Pengumpulan data dalam skripi ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, jenis penelitian ini bersifat fieald research yang secara langsung berinteraksi dengan objek dan sumber data, sedangkan untuk menganalisis data yang telah terkumpul, penulis menggunakan deskriptif analisis untuk memberikan gambaran mengenai legalitas penggunaan area publik yang dijadikan objek transaksi sewa-menyewa yang terjadi di jalan utama Rukoh, Banda Aceh. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, penulis menarik kesimpulan bahwa pratek transaksi sewa-menyewa lapak sebagaimana yang terjadi di sekitaran jalan utama Rukoh dapat dikatakan tidak relevan dengan hukum Islam, dimana lapak (tempat) yang di jadikan objek transaksi ijarah merupakan bukan hak milik sempurna dari penyewa (musta’jir), akan tetapi tempat tersebut merupakan sarana umum yang berada di bawah payung kewenangan pemerintah yang digunakan untuk kepentingan umum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: nama pembimbing : 1. Sitti Mawar, S.Ag., M.H. 2. Dr. Jamhir, M.Ag
Uncontrolled Keywords: analisis, sewa-menyewa dan hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauzan nur Fauzan nur Abd, rahman puteh
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:00
Last Modified: 20 Sep 2019 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10006

Actions (login required)

View Item
View Item