Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMAN 5 Aceh Barat Daya

Murniati, 140207086 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMAN 5 Aceh Barat Daya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk  Menumbuhkan Karakter Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMAN 5 Aceh Barat Daya]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan Di SMAN 5 Aceh Barat Daya)
Word Gabung.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Siswa yang sudah menempuh pendidikan seharusnya sudah memiliki karakter yang baik. Namun, karakter siswa di SMAN 5 Aceh Barat Daya belum semua terlihat baik, salah satu penyebabnya yaitu penggunaan model pembelajaran yang kurang maksimal. Salah satu model pembelajaran yang dapat menumbuhkan karakter yang baik adalah dengan menerapkan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakter siswa yaitu karakter religius, jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerja sama, cinta damai, responsif, dan pro-aktif, mengetahui hasil belajar, dan hubungan karakter dengan hasil belajar melalui penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Deskriptif Kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang terdiri dari 5 kelas yang berjumlah 124 siswa dan sampel sebanyak satu kelas yaitu kelas X MIA 2 yang terdiri dari 25 siswa, dengan teknik pengambilan sampel secara Purposive Sampling. Data karakter dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan hasil belajar dikumpulkan dengan soal tes. Analisis data karakter dan hasil belajar dengan menggunakan rumus persentase, dan hubungan karakter dengan hasil belajar menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Hasil penelitian karakter siswa yaitu nilai pre-test rata-rata sebanyak 55% dan post-test sebanyak 83%. Sedangkan hasil belajar siswa pre-test rata-rata sebanyak 43% dan post-test sebanyak 77%. Korelasi karakter siswa dengan hasil belajar yaitu rxy=0,633. Kesimpulannya adalah penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat menumbuhkan karakter siswa, meningkatkan hasil belajar, dan karakter siswa mempunyai hubungan yang tinggi terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter Siswa, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Bebasis Masalah, Korelasi
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Murniati Murniati
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:21
Last Modified: 20 Sep 2019 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10024

Actions (login required)

View Item
View Item