Penerapan Metode Listening Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar

Hanisah, 201325129 (2018) Penerapan Metode Listening Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas IV MIN 20 Aceh Besar. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Metode Listening Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara]
Preview
Text (Penerapan Metode Listening Team Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara)
HANISAH UPLOAD.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Keterampilan berbicara adalah keterampilan memproduksi arus sistem bunyi artikulasi untuk menyampaikan kehendak, kebutuhan, perasaan dan keinginan kepada orang lain. Sedangkan yang dimaksuddengan keterampilan adalah suatu keterampilan berbahasa yang diperlukan oleh setiap orang untuk menyampaikan informasi, dan untuk berkomunikasi dengan masyarakat, serta fungsi berbicara digunakan sebagai sarana memperoleh pengetahuan. Masih banyak siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar yang belum tuntas dalam keterampilan berbicara siswa masih terdapat siswa yang kemampuan membacanya kurang memenuhi KKM yang ditetapkan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa menggunakan metode Listening Team dengan pemanfaatan media peta pikiran. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 20 Aceh Besar yang berjumlah 38 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan berbicara siswa dengan menggunakan metode Listening Team pemanfataan media peta pikiran mengalami peningkatan. Hasil pengamatan aktivitas guru dengan skor yang diperoleh pada siklus I yaitu 2,4 (kategori kurang baik). Skor pada siklus II yaitu 3,6 kategori sangat baik. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama pembelajaran mengalami peningkatan, yaitu 2,3 (kategori kurang baik) pada siklus I, siklus II yaitu dengan skor 3,6 kategori (sangat baik). Hasil tes pada siklus I ini hanya 21 (55,26%) siswa yang mencapai ketuntasan individu. Jika dilihat ketuntasan secara klasikal pada siklus ini juga belum tuntas karena terdapat 17 siswa (44,73%) belum tuntas. Pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 32 (84,21%) sedangkan 6 siswa (15,78%) belum tuntas belajarnya. Dengan demikian metode Listening Team pemanfataan media peta pikiran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1.Dr. Muslim RCL, SH., M. Ag 2. Rafidhah Hnum., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Berbicara Siswa,Peta Pikiran
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Hanisah
Date Deposited: 20 Sep 2019 02:37
Last Modified: 20 Sep 2019 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10027

Actions (login required)

View Item
View Item