Miss Kaosar Mataree, 2113239288 (2018) Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Ma’had Al-bi’that Ad-diniah Patani Selatan Thailand. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Fom B dan Fom D.pdf
Download (1MB) | Preview
Miss Kaosar Mataree.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (12MB) | Preview
Abstract
Kurikulum adalah sebuah program pendidikan yang telah direncanakan secara sistematis, memegang peranan yang sangat penting dalam pendidikan khususnya mata pelajaran agama. Perubahan masyarakat berpengaruh terhadap pendidikan, terutama pendidikan agama Islam. Tujuan pendidikan untuk membentuk generasi muda berpikir kreatif dan akhlak yang Islamis dalam kehidupan di sebuah masyarakat. Kurikulum pendidikan Islam berbeda-berbeda isinya menurut kondisi dan situasi perkembangan agama Islam, karena kaum muslim berada di dalam lingkungan yang berbeda-beda. Dalam kegiatan proses pembelajaran, kurikulum sangat dibutuhkan oleh karena kurikulum sebagai pedoman untuk menyusun target dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kurikulum pendidikan agama Islam pada kelas 1 Ibtidai dan implementasinya. Yang menjadi rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Bagaimana peran kurikulum dalam pendidikan agama Islam, dan pelaksanaannya di Ma’had Al-bi’that Ad-diniah. Penelitian ini merupakan penilitian lapangan (field research), teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui teknik observasi guru, wawancara guru dan kepala sekolah, pembagian angket siswa, dan telaah dokumen. Adapun subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar agama dan siswa pada kelas 1 Ibtidai menjadi populasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: Kurikulum pendidikan agama Islam di Ma’had ini memiliki dan memakai kurikulum sendiri yaitu: Kurikulum Ma’had Al-bi’that Ad-diniah yang dirumuskan dan evaluasi adalah bidang kurikulum dan pelajaran agama dengan melibatkan guru pengajaran. Pelaksanaan kurikulum yang berwewenang terdiri dari pihak pelajaran agama dan kurikulum yang akan menetapkan petugas serta batas waktu untuk melaksanakan kurikulum. Setelah menetapkan petugas bahagaian pelajaran agama dan kurikulum mengadakan musyawarah tahap awal untuk memberi arahan bagi petugas yang ditetapkan. Berdasar hasil penelitian ini dapat membuktikan bahwa guru mata pelajaran agama yang mengajar pada kelas 1 Ibtidai unit 3 sudah menerapkan materi pembelajaran sesuai dengan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang berpanduan pada kurikulum Ma’had Al-bi’that Ad-diniah Patani Selatan Thailand.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: 1. Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA 2. Muhajir, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum, Pendidikan, Agama Islam |
Subjects: | 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.35 Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Miss Kaosar Mataree |
Date Deposited: | 20 Sep 2019 02:56 |
Last Modified: | 20 Sep 2019 02:56 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10028 |