Pengaruh Model Pembelajaran REACT Berbantu Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Rantau Peureulak

Tsamara Ahdavya, 150208101 (2019) Pengaruh Model Pembelajaran REACT Berbantu Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Rantau Peureulak. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran REACT Berbantu Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Rantau Peureulak]
Preview
Text (Pengaruh Model Pembelajaran REACT Berbantu Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Rantau Peureulak)
Tsamara.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Rantau Peureulak tentang pengaruh model pembelajaran REACT berbantu media animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan penyangga yang dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa yang menyebabkan siswa belum mencapai KKM sebesar 65%. Sehingga dengan adanya tahapan REACT dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran REACT berbantu media animasi pada materi larutan penyangga. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 3 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing jumlah sampel 30 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t yang dianalisis menggunakan uji t-test dengan jenis uji dua pihak dan angket yang dianalisis dengan persentase respon, sehingga diperoleh nilai dari uji t yaitu thitung 4,1083 ≥ ttabel 2,00172 maka H0 ditolak dan Ha diterima, hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran REACT berbantu media animasi dan tanpa adanya model pada materi larutan penyangga di SMA Negeri 1 Rantau Peureulak. Hasil persentase respon siswa yang menjawab sangat setuju 71,14% sehingga 70 < 71,14 < 85, yang menandakan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran REACT berbantu media animasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Djamaluddin Husita, M.Si Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran REACT, Media Animasi, Hasil Belajar, Larutan Penyangga.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Tsamara Ahdavya
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:42
Last Modified: 23 Sep 2019 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10029

Actions (login required)

View Item
View Item