Peningkatam Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Learning Cycle Pada Materi Fungsi Di Kelas X MAN 3 Kota Banda Aceh

Lia Muslianda, 140205159 (2019) Peningkatam Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Learning Cycle Pada Materi Fungsi Di Kelas X MAN 3 Kota Banda Aceh. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peningkatam Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Learning Cycle Pada Materi Fungsi Di Kelas X MAN 3 Kota Banda Aceh]
Preview
Text (Peningkatam Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Learning Cycle Pada Materi Fungsi Di Kelas X MAN 3 Kota Banda Aceh)
Muslianda.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB) | Preview

Abstract

Koneksi Matematis sangat perlu untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran matematika. Oleh sebab itu melalui koneksi matematis, siswa dapat mengorganisasikan berfikir matematikanya secara tulisan dan mengkoneksikan antar ide-ide matematika kepada orang lain. Kenyataannya, kemampuan koneksi matematis siswa masih tergolong rendah sehinga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat kemampuan koneksi matematis siswa. Model pembelajaran learning cycle merupakan rangkaian fase-fase kegiatan yang di organisir sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle (2) Untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang diterapkan dengan model pembelajaran learning cycle dan kemampuan koneksi matematis siswa yang diterapkan dengan pembelajaran tanpa menggunakan model learning cycle. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan quasi exsperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Kota Banda Aceh. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Pada penelitian ini sampelnya terdiri dari dua kelas yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data digunakan dengan menggunakan lembar tes kemampuan koneksi matematis. Dari hasil penelitian diperoleh (1) thitung = 9,48 dan dan ttabel = 1,70 , maka thitung > ttabel, berarti bahwa model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan koneksi matematis. (2) berdasarkan uji-t hipotesis kedua, maka diperoleh thitung= 5,2570 dan ttabel = 2,01 , maka thitung > ttabel, dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis dengan model pembelajaran learning cycle lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan tanpa menggunakan model learning cycle.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dra. Hafriani, M.Pd Pembimbing II : Vina Apriliani,M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Koneksi Matematis, Model Learning Cycle.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Lia Muslianda
Date Deposited: 25 Sep 2019 04:21
Last Modified: 25 Sep 2019 04:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10031

Actions (login required)

View Item
View Item