Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Modul Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 1 Aceh Timur

Ermaliana, 150208095 (2019) Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Modul Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 1 Aceh Timur. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Modul Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 1 Aceh Timur]
Preview
Text (Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Berbasis Modul Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa di MAN 1 Aceh Timur)
Full Skripsi.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Aceh Timur mengenai penerapan model pembelajaran probing prompting berbasis modul koloid terhadap hasil belajar siswa yang dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman dan penguasaan konsep siswa khususnya pada materi sistem koloid. Hal ini dibuktikan dengan persentase hasil belajar siswa sebesar 60% dan belum memenuhi KKM yang ditetapkan yaitu 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan respon siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis eksperiment menggunakan desain one-shot case study. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI.IA.1 MAN 1 Aceh Timur yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes tertulis dan angket, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t yang dianalisis menggunakan uji t one sample t test dengan jenis uji pihak kanan dan angket yang dianalisis dengan persentase respon, sehingga diperoleh nilai dari uji t yaitu t_hitung ≥ t_tabel yaitu 3,741 ≥ 1,725 dimana Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbasis modul koloid lebih besar dari 70 (KKM). Hasil persentase respon siswa yang menjawab setuju yaitu 70,00% dan yang menjawab sangat tidak setuju 0% yang mengindikasikan siswa memberikan respon positif terhadap model pembelajaran Probing Prompting. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan hasil belajar siswa kelas XI.IA.1 di MAN 1 Aceh Timur dengan penerapan model pembelajaran Probing Prompting berbasis modul koloid lebih besar dari 70 (KKM).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Djamaluddin Husita, M.Si Pembimbing II : Hayatuz Zakiyah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Probing Prompting, Hasil Belajar, Modul Koloid.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Ermaliana Erma
Date Deposited: 23 Sep 2019 02:41
Last Modified: 23 Sep 2019 02:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10032

Actions (login required)

View Item
View Item