Analisis Hukum Islam Dan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pada Akad Sewa Kamar Kos (Studi Kasus Di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh)

Wardani, 121108992 (2018) Analisis Hukum Islam Dan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pada Akad Sewa Kamar Kos (Studi Kasus Di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh). Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text (Analisis Hukum Islam Dan Undang-Undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Pada Akad Sewa Kamar Kos (Studi Kasus Di Desa Rukoh Kecamatan Syiah Kuala Kota Banda Aceh))
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sewa menyewa adalah salah satu bentuk transaksi muamalah yang sering dilakukan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Kebutuhan tersebut dapat berupa manfaat barang atau jasa, seperti meyewakan kamar kos bagi para mahasiswa. Hukum Islam dan dan hukum positif mengatur dengan sebaik mungkin transaksi sewa menyewa sehingga tidak ada yang dirugikan antara penyewa dan yang menyewa. Tujuan skripsi ini adalah untuk mengetahui praktek akad sewa kamar kos bagi mahasiswa di Kecamatam Darussalam dan mengetahui analisis Hukum Islam dan UU NO 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan konsumen.Untuk memperloleh jawaban tersebut, dalam penelitian ini penulis menggunakan metode diskriptif analisis. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, akad sewa menyewa kamar kos bagi mahasiswa di Desa Rukoh yang terjadi dengan menggunakan sighat lisan, kemudian dalam sewa menyewa kamar kos bagi mahasiswa di Desa Rukoh mahasiswa tetap membayar sewa kos saat libur kuliah meskipun kamar kos tersebut tidak dimanfaatkan. Selanjutnya analisis Hukum Islam menyatakan bahwa akad sewa menyewa kamar kos bagi mahasiswa di Desa Rukoh bertentangan dengan Hukum Islam dikarenakan akad transaksi yang tidak jelas. Sedangkan analisis UU Perlindungan konsumen akad sewa menyewa kamar kos bagi mahasiswa melanggar hak penyewa sebagai konsumen untuk mendapatkan informasi lebih dari penyewa supaya tidak ada pihak yang merasa dirugikan. Penulis menyarankan agar masyarakat yang menyewakan kamar kos untuk memperjelas aturan transaksi akadnya supaya tidak ada pihak yang dirugikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Agustin Hanafi, Lc, MA Pembimbing II : Faisal Fauzan, SE., M.Si, AK
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam, UU Perlindungan Konsumen, Ijarah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.223 Sewa Menyewa (Ijarah)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Wardani Wardani
Date Deposited: 20 Sep 2019 04:00
Last Modified: 20 Sep 2019 04:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/10033

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item
TOP